Tips Mencari dan Memilih Rumah Idaman untuk Keluarga

Buat Info - Tips Mencari dan Memilih Rumah Idaman untuk Keluarga


BuatInfo.com - Memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi setiap orang, khususnya mereka yang sudah berstatus keluarga. Namun, upaya merealisasikan impian tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui untuk memiliki rumah idaman yang nyaman dan aman untuk keluarga. Tahapan yang dimaksud disini seperti persiapan modal, mencari lokasi yang tepat, dan memilih jenis rumah yang nyaman dan aman untuk ditempati oleh keluarga.


Upaya mencari dan memilih ini sangat penting untuk dilakukan sebagai langkah awal memiliki rumah yang diidam-idamkan. Namun jika proses tersebut diabaikan, maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerugian yang tidak diinginkan untuk kedepannya. Oleh karena itu, diperlukan pemikiran dan persiapan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli rumah idaman. Pastikan lokasi aman, dekat dengan fasilitas umum, dan sesuai dengan kebutuhan keluarga.


Dalam upaya membantu mereka yang saat ini mungkin bingung mencari dan memilih rumah idaman. Maka pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang tips mencari dan memilih rumah idaman yang nyaman dan aman untuk keluarga. Simak tips selengkapnya di bawah ini.


Tips Mencari dan Memilih Rumah

Seperti yang kita sampaikan sebelumnya bahwa untuk memiliki rumah idaman harus melalui beberapa tahapan agar tidak merasa dirugikan dan menyesal dikemudian hari. Berikut ini tips mencari dan memilih rumah idaman yang penting untuk diketahui:

[Baca Juga: Tips Memulai Usaha Rumahan]

1. Survey lokasi hunian

Tips pertama sebelum membeli rumah adalah melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Apakah lokasi hunian tersebut aman dari tindak kejahatan, dan dekat dengan fasilitas umum?. Caranya cukup mudah, Anda bisa menanyakan kondisi lingkungan pada warga sekitar lokasi yang notabene sudah mengenal situasi dan kondisi lingkungan rumah yang akan Anda beli.


2. Check legalitas rumah

Setelah Anda melakukan survey lokasi rumah yang akan Anda beli. Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengecheckkan keapsahan surat-surat rumah untuk mengetahui legalitasnya seperti SHM atau SHGB. Hal ini penting juga dilakukan untuk menghindari masalah-masalah yang bisa muncul dikemudian hari. Selain itu, kejelasan legalitas rumah tersebut juga menjadi syarat pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan cara KPR.


3. Harga sesuai kemampuan

Setiap orang tentunya menginginkan rumah yang bagus, megah, dan mewah. Namun biasanya rumah-rumah dengan jenis tersebut memiliki harga yang cukup fantastis. Dan ini bisa menjadi masalah jika Anda membeli rumah di luar kemampuan ekonomi keluarga. Perlu diketahui bahwa tidak semua rumah yang mewah dan megah itu aman dan nyaman untuk ditempati. Jadi jangan berpatokan pada megah dan mewahnya dalam membeli rumah. Sederhana tapi aman, nyaman, dan sesuai dengan kemampuan akan membuat keluarga lebih tenang menghuni rumah tersebut.


4. Check Material bangunan

Tips yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dari beberapa tips di atas. Mengecheck material yang digunakan dalam membangun rumah itu sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai rumah yang sudah dibeli, dalam beberapa tahun ke depan harus memerlukan perbaikan. Jika itu terjadi, maka cost akan membengkak dan mempersulit keuangan keluarga Anda. Pastikan material bangunan menggunakan bahan-bahan yang bagus dan tidak mudah rusak.


5. Desain rumah

Karena disini Anda mencari rumah yang nyaman untuk keluarga. Maka penting juga bagi Anda untuk memastikan desain rumah yang cocok untuk keluarga Anda. Jangan sampai desain rumah yang Anda beli tidak cocok dengan harapan keluarga, karena bisa menghilangkan kesan nyaman nantinya. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, sebaiknya Anda komunikasikan terlebih dahulu dengan keluarga Anda perihal desain rumah seperti apa yang cocok untuk Anda dan keluarga. Agar impian akan hunian yang nyaman bisa Anda rasakan.


6. Kesehatan rumah

Mungkin dari beberapa tips di atas, tips yang terakhir ini dianggap hal sepele oleh kebanyakan orang pada saat membeli rumah. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan segi kesehatan rumah yang akan mereka beli. Padahal, hal yang dianggap sepele ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi keberlangsungan hidup semua penghuni rumah. Rumah bukan hanya sekedar tempat singgah atau melepas lelah dari aktifitas sehari-hari, malainkan juga memiliki arti penting sebagai tempat membangun kehidupan rumah tangga yang sehat dan sejahtera. Adapun kriteria rumah sehat diantara adalah:

- Adanya sirkulasi udara yang baik

- Ketersediaan air bersih

- Ketercukupan cahaya, dan

- Pengaturan pembuangan air limbah yang baik agar tidak mencemari lingkungan

[Baca Juga: Tips Membangun Keluarga Harmonis dan Bahagia]

Demikianlah informasi tentang tips mencari dan memilih rumah idaman yang penting untuk kita ketahui bersama. Agar apa yang menjadi impian kita tentang rumah idaman dapat tercapai tanpa adanya kerugian di kemudian hari. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "Tips Mencari dan Memilih Rumah Idaman untuk Keluarga"

Posting Komentar

Berlangganan via Email