Ketahui Keuntungan Memiliki Sikap Bodo Amat Bagi Kehidupan Manusia

Buat Info - Keuntungan Memiliki Sikap Bodo Amat


BuatInfo.com - Penilaian negatif yang orang lain sematkan pada diri kita, tentu akan memancing emosi yang berlebih. Apalagi penilaian tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Rasa marah dan kecewa akan terus kita rasakan yang pada akhirnya mengganggu kesehatan mental kita sendiri. Namun sebenarnya ada satu cara untuk tidak merasakan marah dan kecewa terus menerus, yaitu dengan memiliki sikap bodo amat.


Sikap bodo amat ini penting sekali untuk kita miliki agar lebih bisa berdamai dengan kondisi dan situasi yang tidak kita inginkan. Namun bukan berarti tidak peduli dengan lingkungan sekitar secara keseluruhan. Kita hanya cukup memilah dan milih hal-hal apa yang perlu didengar dan difikirkan, agar hidup jauh lebih sehat dan terus melangkah demi menggapai sebuah kesuksesan.

[Baca Juga: Cara Bersikap Bodo Amat]

Dan pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan membahas lengkap tentang keuntungan memiliki sikap bodo amat yang penting untuk kita ketahui. Apa saja keuntungan tersebut?, di bawah ini pembahasan selengkapnya.


Keuntungan Memiliki Sikap Bodo Amat

1. Anti Baper

Umumnya, saat kita mendengar penilaian orang lain yang bersifat negatif tentang diri kita, tanpa disadari kita akan langsung Baper (bawa perasaan) yang pada akhirnya membuat fikiran dan hati gelisah, marah, sedih, dan minder. Namun jika kita memiliki sikap bodo amat, semua perasaan negatif tersebut tidak akan pernah kita rasakan lagi. Justru kita akan lebih take it easy atas apapun yang orang lain sematkan pada diri kita.


Kecenderungannya, orang yang memiliki sikap bodo amat lebih memilih untuk memikirkan hal-hal yang dapat membuat mereka berkembang, dari pada memikirkan omongan orang lain yang notabene tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.


2. Hidup lebih sehat

Seperti yang kita ketahui bahwa power of human itu terletak pada fikirannya. Jika fikiran kita dipenuhi dengan hal-hal yang bersifat negatif karena penilaian orang lain tentang diri kita, maka tidak menutup kemungkinan akan membuat kita mudah stress yang kemudian dapat memicu munculnya beragam penyakit. Namun tidak demikian bagi mereka yang berani memilih untuk bersikap bodo amat, mereka akan jauh lebih menikmati hidup dan terbebas dari stress.

[Baca Juga: Sisi Positif Sikap Bodo Amat]

Kecenderungannya, orang yang memiliki sikap bodo amat lebih mementingkan hal-hal yang positif bagi keberlangsungan hidup mereka. Mereka tidak banyak waktu untuk memikirkan omongan orang lain yang notabene tidak penting dan dapat menghambat jalan kesuksesan mereka.


3. Dapat mengontrol emosi

Tentunya setiap orang pernah merasakan emosi terhadap sesuatu yang tidak dia senangi. Yang demikian itu sebenarnya normal, menjadi tidak normal jika emosi tersebut berkelanjutan dan terjadi terus menerus. Nah, jika kita memiliki sikap bodo amat, kita cenderung dapat mengontrol emosi dan merubah hal negatif menjadi positif.


4. Lebih cepat sukses

Seperti yang disebutkan di atas bahwa orang yang memiliki sikap bodoh amat cenderung lebih memikirkan hal-hal positif yang berpotensi membawa mereka pada jalan kesuksesan. Mereka tidak akan tertarik untuk memikirkan hal-hal yang bersifat negatif yang justru akan menjauhkan mereka dari pintu kesuksesan. Sehingga dengan begitu mereka akan lebih cepat sukses dibandingkan mereka yang terlalu sibuk memikirkan omongan orang lain.

 

5. Lebih optimis

Istilah yang digunakan Mark Manson dalam bukunya yang berjudul “sebuah seni untuk bersikap bodo amat” adalah "mencemaskan kecemasan". Misalnya, saat kita akan menghadapi interview kerja, maka kita akan cemas terlebih dulu. Padahal, apa yang kita cemaskan tersebut adalah "kita cemas ketika interview nanti kita akan cemas". Finally, ketika sesi interview dimulai, maka kita akan "double cemas", dan itu menyulitkan kita.


Apabila hal buruk yang mungkin terjadi itu akan datang, entah besok atau lusa jangan dicemaskan, tetaplah optimis untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang. Karena mencemaskan hanya akan membuat otak kita sulit berpikir untuk mencari solusi. 


6. Tidak mudah tertipu

Tidak sedikit dari kita mungkin pernah tertipu oleh orang lain. Dan salah satu penyebabnya kemungkinan karena kita terlalu peduli, sehingga gampang percaya kepada orang lain. Namun, jika kita memiliki sikap bodo amat, keuntungannya adalah kita tidak akan mudah percaya kepada orang lain, sehingga tidak akan mudah tertipu.


Namun demikian, bukan berarti kita tidak peduli samasekali kepada orang lain. Karena peduli dengan orang lain itu hal yang sangat wajar dan perlu untuk kita lakukan. Hanya saja kita perlu mencari tahu terlebih dahulu kebenaran sebenarnya, sebelum memutuskan untuk percaya.

[Baca Juga: Seni Bersikap Bodo Amat]

Nah itulah beberapa keuntungan yang bisa kita rasakan jika memiliki sikap bodo amat dalam hidup kita. Tapi sekali lagi perlu kita pahami bahwa bersikap bodo amat bukan berarti harus acuh tak acuh terhadap semua hal. Namun lebih kepada tindakan selektif dalam menyikapi semua hal. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Keuntungan Memiliki Sikap Bodo Amat Bagi Kehidupan Manusia"

Berlangganan via Email