Mengenal Mesin Jahit yang Bagus untuk Usaha Konveksi

Buat Info - Mengenal Mesin Jahit Konveksi


Usaha konveksi

merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki prospek cukup bagus untuk dijalankan. Mengingat produk dari usaha ini masuk ke dalam salah satu kebutuhan primer yang wajib terpenuhi, seperti kaos, baju, jilbab, celana, dll.


Secara definisi, konveksi merupakan salah satu usaha kecil skala rumahan yang menghasilkan produk pakaian jadi seperti kaos, jaket, celana, dan kemeja yang banyak dicari oleh masyarakat banyak. Dalam menjalankan usaha ini, diperlukan alat pendukung seperti mesin jahit, benang, jarum dan alat pendukung lainnya.

[Baca Juga: Membangun Usaha Konveksi Menggunakan Analisis SWOT]

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menekuni usaha koveksi ini. Sebaiknya terlebih dahulu Anda memahami apa saja jenis mesin jahit yang banyak digunakan dalam usaha konveksi ini. Dan pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan sedikit berbagi informasi tentang macam-macam mesin jahit yang bagus untuk usaha konveksi. Dimana datanya kami dapatkan dari salah satu sahabat yang saat ini menekuni usaha konveksi.


Macam-macam mesin jahit usaha konveksi

Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa sebelum artikel ini dibuat. Terlebih dahulu kami lakukan survey dan sedikit interview dengan salah satu pengusaha konveksi yang kebetulan merupakan sahabat dekat. Hal ini kami lakukan, agar deskripsi tentang usaha konveksi yang kami tulis, berdasarkan data yang ada di lapangan. Adapun mesin macam-macam mesin jahit yang dibutuhkan untuk usaha konveksi diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Mesih jahit standard klasik

Mesin jahit standard klasik biasanya digunakan untuk menjahit pakaian dalam skala kecil. Mesih jahit ini dibagi ke dalam dua jenis, yaitu otomatis dengan menggunakan motor listrik sebagai pendorongnya dan manual menggunakan tenaga manusia. Adapun beberapa merk yang banyak ditemui dilapangan, seperti:

- Mesin jahit Singer

- Mesin jahit Butterfly

- Mesin Jahit Brother

- Mesing jahitJanome

- Mesin jahit Juki

- Mesin jahit Jack

- Mesin jahit Domestic, dan

- Mesin jahir Yoko


2. Mesin jahit obras

Mesin jahit obras ini merupakan jenis mesin jahit dengan kecepatan tinggi dan bekerja dengan lebih dari satu benang, bisa dua, tiga bahkan lebih. Mesih ini digunakan pada saat ingin merapikan pinggiran kain atau menggabungkan dua sisi kain bagian dalam dengan cara obras (overlock). Adapun merk mesin obras ini diantaranya seperti:

- Mesin obras Neci Singer

- Mesin obras Typical

- Mesin obras Butterfly

- Mesin obras Pegasus

- Mesin obras Yamato

- Mesin obras Siruba

- Dll.


3. Mesin jahit over deck

Digunakan untuk menjahit lipatan tepi kaos, seperti ujung tangan dan bawah kaos. Dimana bagian atas berupa jahitan dengan dua benang, dan bagian bawah seperti jahitan obras. Jadi hasilnya akan terlihat seperti jahitan rantai dua baris. Adapun beberapa merk dari mesin ini seperti:

- Mesin over deck Singer

- Mesin over deck Typical

- Mesin over deck Yamata

- Mesin over deck Neci

- Mersin over deck Kaisar

- Mesin over deck Juki

- Dll.

[Baca Juga: Cara Memulai Usaha Koveksi Kaos]

4. Mesin Jahit rantai

Mesin jahit yang satu ini merupakan mesin jahit yang menggunakan tipe jarum feed mechanism, yaitu mengambil dan menangkap untuk menghasilkan dua baris rantai. Makanya mesin ini disebut dengan mesin jahit rantai. Mesin yang satu ini biasa gunakan untuk menjahit kaos, pakaian dalam, bedcover, dll. Adapun merk dari mesin ini diantaranya seperti:

- Mesin jahit rantai Mitsubishi

- Mesin jahit rantai Typical

- Mesin jahit rantai Juki

- Mesin jahit rantai Okachi

- Mesin jahit rantai Simaru

- Mesin jahit rantai Singer

- Dll.


5. Mesin pemotong bis

Mesin pemotong bis adalah mesin pemotong kain yang digunakan untuk membuat bis kaos. Mesin yang satu ini kebalikan dari mesin jahit standard klasik yang hanya digunakan dalam proses jahit skala kecil. Mesin jahit pembuat bis digunakan untuk proses konveksi kaos skala besar. Yang dimaksud dengan bis kaos adalah penutup jahitan belakang agar kaos terlihat lebih rapi. Adapun merk dari mesin ini seperti:

- Mesin pemotong bis Shunfa

- Mesin pemotong bis Simaru

- Mesin pemotong bis CNY

- Mesin pemotong bis Dino

- Dll.


Nah itulah informasi tentang beberapa mesin jahit bagus yang Anda perlukan untuk memulai usaha konveksi. Semua jenis mesin jahit di atas merupakan alat pendukung dalam bentuk fisik untuk memulai usaha konveksi yang anda inginkan. Namun yang lebih penting dari itu semua adalah skill menjahit. Tanpa adanya keahlian dalam menjahit, maka usaha konveksi yang Anda inginkan tidak akan pernah berhasil.

[Baca Juga: Cara Memulai Usaha Konveksi Jilbab]

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini ingin memulai usaha konveksi. JANGAN LUPA SHARE DAN COMMENT, KARENA BERBAGI INFO ITU INDAH.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Mesin Jahit yang Bagus untuk Usaha Konveksi"

Berlangganan via Email