Alasan Pindah Kerja yang Tepat Saat Ditanyakan Oleh Atasan

Buat Info - Alasan Pindah Kerja


BuatInfo.com - Setiap perusahaan, baik itu perusahaan nasional atau pun multinasional tentu akan mengalami fenomena turnover atau keluar masuknya karyawan. Namun tingginya tingkat turnover setiap perusahaan tentu berbeda-beda.


Pindah kerja bukanlah perkara yang aneh. Setiap karyawan tentu memiliki alasan-alasan tertentu untuk keberlangsungan karir mereka. Namun yang perlu diketahui bahwa tidak semua karyawan memutuskan untuk pindah kerja hanya karena kurangnya gaji yang diterima. Melainkan terdapat alasan-alasan lain yang mendorong mereka untuk pindah ke perusahaan yang baru.


Kendati demikian, pada saat memutuskan untuk pindah kerja. Seharusnya seorang karyawan menggunakan etika pindah kerja yang baik. Dimana salah satunya adalah dengan memberikan alasan-alasan yang masuk akal pada saat ditanyakan oleh atasannya.


Dan pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan berbagi informasi tentang beberapa alasan pindah kerja yang tepat, sehingga Anda bisa keluar dari tempat kerja yang sekarang dengan kesan dan cara yang baik.

[Baca Juga: Cara Pindah Kerja yang Baik]

Alasan Pindah Kerja 

1. Mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik

Bagi tenaga kerja professional tentunya mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain bukanlah hal yang aneh, karena setiap perusahaan pastinya menginginkan tenaga professional yang siap membantu mengembangkan bisnis perusahaan. Tawaran kerja yang lebih baik termasuk juga tawaran lainnya yang memunculkan adanya kepuasan kerja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi karyawan untuk pindah kerja.

Kepuasan yang dimaksud di atas adalah segala fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan yang baru, seperti gaji yang lebih baik, tunjangan transport, bonus, asuransi, dan karir yang lebih baik. Notabene, karyawan yang merasa karirnya berada pada posisi stagnan, maka dia akan memilih untuk pindah ke tempat kerja yang labih menjanjikan.

[Baca Juga: Cara Memenangkan Nego Gaji]

2. Jarak yang ditempuh terlalu jauh

Alasan kedua yang bisa digunakan untuk pindah kerja adalah jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja yang terlalu jauh. Alasan yang satu ini cukup logis meskipun perusahaan sudah memberikan fasilitas tunjungan transportasi, tapi jarak yang jauh dapat memicu beragam resiko di perjalanan. Namun demikian, sebelum memutuskan untuk pindah kerja sebaiknya memastikan terlebih dahulu apakah tawaran dari tempat kerja yang baru lebih baik dari tempat kerja yang lama.


3. Pekerjaan ini tidak sesuai dengan Anda

Secara psikologis, seseorang yang melakukan rutinitas pekerjaan tidak sesuai dengan dirinya cenderung akan mudah merasa bosan. Seorang karyawan yang mendapati fungsi dan tugas dari pekerjaannya tidak sesuai dengan passion dirinya, maka akan gampang jenuh dan memilih untuk pindah kerja ke tempat dimana pekerjaan yang diberikan sesuai dengan passionnya.


Tawaran kerja di tempat lain dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan passion, tentu sangat menarik untuk diambil. Apalagi pekerjaan tersebut dibarengi dengan tawaran gaji dan fasilitas lainnya tentu sangat menggiurkan.


Intinya, tidak perlu hawatir dengan stigma atau anggapan buruk tentang pindah kerja yang Anda ambil, cukup bersikap bodo amat saja. Pindah kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan jauh lebih baik adalah hal yang wajar dan perlu untuk kita lakukan. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, demi kejelasan karir kedepannya.


4. Ada tujuan lain yang ingin diraih

Seperti yang sudah tersebut di atas bahwa pindah kerja bukan hanya karena masalah gaji yang diterima. Melain juga karena faktor lainnya seperti kepuasan kerja dan tujuan lain yang ingin dicapai. Pindah kerja dengan alasan ada tujuan lain yang ingin diraih masih masuk akal untuk Anda jadikan jawaban saat ditanyakan oleh atasan. Apalagi tujuan tersebut akan sulit diraih di tempat kerja yang sekarang, maka pilihan pindah kerja menjadi pilihan yang tepat pada situasi seperti ini.

Hal ini sering dikaitkan dengan visi misi perusahaan. Dimana seringkali karyawan memiliki tujuan lain, namun tidak bisa diraih karena terhalang oleh aturan perusahaan. Misalnya, perusahaan yang tidak mengijinkan bidang pekerjaan tertentu untuk melanjutkan studi.


5. Mencari tantangan baru

Alasan yang terakhir untuk pindah kerja adalah mencari tantangan baru. Mungkin alasan yang satu ini sudah sering kita dengar dan cukup klise. Namun alasan yang satu ini cukup sangat dimengerti oleh atasan. Banyak karyawan yang memiliki pemikiran dinamis dengan ide dan inovasi yang bagus, namun tidak bisa merealisasikannya karena faktor-faktor tertentu. Maka untuk bisa mewujudkan itu semua, pindah kerja adalah keputusan yang tepat. Karena setiap orang punya kesempatan untuk meng-upgrate diri mereka dengan tantangan yang baru.


Nah itulah informasi tentang alasan yang tepat untuk pindah kerja pada saat ditanyakan oleh atasan. Dari kelima alasan di atas, cukup masuk akal untuk Anda jadikan sebagai jawaban pada saat memutuskan untuk pindah kerja. Terkadang pindah kerja ke tempat yang baru tidak selalu menjadi solusi untuk permasalahan yang Anda hadapi di tempat kerja yang sekarang. Namun, jika tempat kerja Anda tidak memberikan peluang untuk bisa mengembangkan potensi dan karir Anda, maka pindah kerja adalah keputusan yang tepat untuk progress hidup yang lebih baik di masa depan.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan gambaran bagi kita semua tentang alasan yang tepat pada saat pindah kerja, khususnya bagi mereka yang saat ini memiliki keinginan untuk berkembang dan meraih karir yang diinginkan di tempat yang baru. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Alasan Pindah Kerja yang Tepat Saat Ditanyakan Oleh Atasan"

Berlangganan via Email