Bedah Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik

Buat Info - Bedah Buku Seni untuk Bersikap Bodo Amat


BuatInfo.com - Bicara tentang sikap bodo amat di jaman sekarang ini tentu beda persepsi dengan jaman-jaman sebelumnya. Dulu tepo seliro, gotong royong, dan saling menghargai satu sama lain menjadi kearifan lokal yang mendarah daging dalam lingkungan masyarakat.


Namun, beda jaman beda perilaku. Di jaman sekarang, perilaku manusia lebih didominasi oleh sikap negatif seperti individualisme, dan suka membicarakan aib orang lain.


Oleh karena itu, berangkat dari perbedaan perilaku tersebut. Maka beda pula cara mempersepsikan sikap bodo amat di jaman dulu dan jam sekarang.


Mark Manson dengan bukunya “sebuah seni untuk bersikap bodo amat” hadir guna memperjelas makna dari sikap bodo amat itu sendiri.


3 Seni Bersikap Bodo Amat

Dari buku tersebut, Mark menjelaskan bahwa terdapat 3 seni dalam bersikap bodo amat yang perlu untuk kita ketahui. Dimana 3 seni yang dimaksud diantaranya, adalah:

1. Bersikap bodo amat bukan berarti acuh tak acuh, masa bodo adalah kondisi nyaman pada saat menjadi berbeda.

2. Untuk bisa menjadi orang yang memiliki sikap bodo amat dan berani mengatakan “bodo amat” terhadap suatu kesulitan, terlebih dahulu kita harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan itu sendiri.

3. Disadari atau tidak, kita memiliki kecenderungan memilih suatu hal untuk diperhatikan.

[Baca Juga: Seni Bersikap Bodo Amat]

Kelebihan Buku Seni Bersikap Bodo Amat

Buku yang ditulis oleh Mark Manson ini akan membantu kita berfikir lebih jelas tentang apa yang patut untuk kita fikirkan dan apa yang tidak perlu kita fikirkan. Mark berupaya memaparkan tentang sebuah keyakinan akan kesempurnaan, seperti “bahwa tidak sempurna itu memalukan” adalah sumber lingkaran setan yang mulai mengambil alih peradaban kita.


Untuk mengatasi hal tersebut, Mark menuliskan dalam bukunya tentang Cara Bersikap Bodo Amat sebagai langkah sederhana untuk mengembalikan ekspektasi hidup kita dan memilih apa yang penting dan apa yang tidak perlu kita fikirkan dalam hidup ini.


Buku sebuah seni untuk bersikap bodo amat ini mengulas dan mengajarkan kita tentang bagaimana cara meringankan masalah atas rasa sakit yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Substansinya akan meringankan langkah kita meski beban berat kita pikul, beristirahat lebih tenang meski ketakutan disamping kita, dan merasakan bahagia meski air mata tertumpah.


Dan perlu diketahui juga bahwa buku yang ditulis oleh Mark ini tidak akan mengajarkan kita bagaimana cara mendapatkan sesuatu, tapi mengajarkan kita bagaimana cara mengikhlaskan sesuatu yang telah pergi. Sehingga lebih santai menjalani hidup.


Kekurangan Buku Seni Bersikap Bodo Amat

Pada dasarnya tidak ada kekurangan dari sisi substansi buku ini. Karena secara garis besar, buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh orang-orang di jaman millennial seperti sekarang ini, terlebih juga oleh para remaja yang notabene masih dalam masa pencarian jati diri. Namun, ada sedikit kekurangan dari buku ini yaitu sampul buku yang terlalu monoton.


Selain itu, kekurangan yang lain dari buku ini adalah analogi bahasa yang digunakan terlalu berat, sehingga tidak mudah dipahami oleh semua kalangan. Jadi hanya sebagian orang saja yang dapat memahami dan mencerna isi dari buku ini.

[Baca Juga: Keuntungan Memiliki Sikap Bodo Amat]

Kesimpulan

Meskipun secara konsisten Mark menganggap dirinya bukan seorang motivator yang bisa membuat pembaca termotivasi untuk maju sebagaimana kebiasaan motivator lainnya. Namun melalui buku ini Mark justru mengajak kita ke alam mimpi dengan sejuta ekspektasinya yang bisa membuat kita terinspirasi dari segi kerja keras dan keikhlasan dalam menjalani aktifitas hidup sehari-hari.


Buku ini mengajak pembaca untuk selalu berfikir kreatif dan positif guna membantu sesama manusia. Dan menyadarkan pembaca akan pentingnya kerja keras agar terus berusaha dalam setiap kesempatan yang dimiliki.


Demikianlah bedah buku sebuah seni untuk bersikap bodo amat yang ditulis oleh Mark Manson. Artikel ini sengaja kami tulis buat tambahan info bagi kita semua. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, agar tetap bahagia menjalani dinamika kehidupan ini. Janga lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.


Judul Buku : Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik)

Penulis  : Mark Manson

Penerbit          : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia

Kategori         : Inspirasional

Bahasa            : Indonesia

4 komentar untuk "Bedah Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat: Pendekatan yang Waras Demi Menjalani Hidup yang Baik"

  1. Aku baru mulai baca nih bukunya Mark Manson. Rada sulit dimengerti ya menurutku. Jadi belum selesai aja nih bacanya...

    BalasHapus
  2. Betul sekali Mbak Hani... buku yang ditulis oleh Mark Manson ini menggunakan analogi bahasa yang cukup tinggi. Sehingga agak sulit untuk dipahami. Terima kasih Mbak Hani telah bersedia mampir ke Blog sy.

    Kalau saya tidak salah, Mbak Hani ini juga blogger dan penulis aktif ya?. sy sempet baca2 blognya, dan ada beberapa tulisan fiksi di blog tersebut. sekali lagi terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. Buku yang fenomenal, dan kalau ke toko buku langsung kelihatan deh di rak best seller warna orange.
    Adakalanya bersikap bodo amat diperlukan apalagi pada persoalan yang tidak relevan dan tak ada manfaatnya dengan kehidupan pribadi ya

    BalasHapus
  4. yups betul sekali.... pendekatan yang waras demi menjalani hidup yang baik. Banyak sekali keuntungan-keuntungan jika memiliki sikap bodo amat, khususnya untuk menghadapi hal-hal yang tidak ada manfaatnya bagi kehidupan pribadi.

    thanks sudah berkunjung balik Mbak Fenni....

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email