Manfaat Strategi Pemasaran Online untuk Usaha Konveksi

Buat Info - Strategi Pemasaran Online


BuatInfo.com - Di era globalisasi tidak sedikit orang yang berlomba-lomba dalam meningkatkan sistem informasi menggunakan tekhnologi. Mengingat hal ini memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan usaha yang mereka jalani. Sehingga upaya untuk mengembangkan pemasaran secara online banyak dilakukan oleh pelaku usaha di era globalisasi ini.


Tidak sedikitnya pengguna internet yang menghabiskan waktunya untuk menggunakan internet, menjadi salah satu pemicu munculnya strategi pemasaran online. Pemasaran secara online ini memanfaatkan animo masyarakat dalam menggunakan internet untuk meningkatkan nilai jual produknya.


Pengertian Strategi Pemasaran Online

Secara definisi, strategi pemasaran online atau yang disebut juga strategi pemasaran digital adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan vasilitas internet dan animo masyarakat terhadap penggunaan internet itu sendiri. Pemasaran secara online ini banyak memanfaatkan media sosial seperti facebook, Instagram, dan website.


Tingginya animo masyarakat terhadap internet, dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan nilai jual produk mereka. Karena kapan dan dimanapun mereka berada, masih bisa memasarkan produknya secara luas tanpa harus berinteraksi secara langsung dengan konsumen.


Manfaat Strategi Pemasaran Online untuk Usaha Konveksi

Begitu juga dengan yang dilakukan oleh beberapa pelaku usaha konveksi. Dimana dalam upaya meningkat daya beli konsumen dan nilai jual produk, tidak sedikit dari pelaku usaha konveksi yang memasarkan produknya melalui media online, seperti facebook, Instagram, website, dan media sosial lainnya yang notabene menggunakan akses internet.

[Baca Juga: Membangun Usaha Konveksi Menggunakan Strategi Pemasaran Online]

Strategi pemasaran online merupakan metode efektif yang dapat meningkatkan minat beli konsumen dan nilai jual produk. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh pelaku usaha konveksi dalam menggunakan strategi pemasaran ini. Dimana diantaranya seperti:

1. Mengurangi biaya

Alasan utama pelaku usaha melirik strategi pemasaran online karena dapat mengurangi biaya jika dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Pemanfaatan media sosial seperti facebook, Instagram dan media sosial lainnya hanya butuh biaya yang relatif sedikit. Beda dengan jika menggunakan jasa pengiklanan konvensional seperti televisi, surat kabar, radio, atau reklame yang notabene membutuhkan biaya yang relatif besar.

Selain itu, pemanfaatan media sosial tentunya terindikasi akan banyak orang yang tahu tentang produk konveksi yang ditawarkan. Karena mayoritas penduduk dunia melek internet di era globalisasi seperti sekarang ini. Namun tidak demikian jika menggunakan media pemasaran konvensional, biaya yang dikeluar cukup besar, tapi belum tentu banyak orang yang memperhatikan. 


2. Dapat diukur secara real time

Strategi pemasaran online yang dilakukan dapat dengan mudah diukur kefektifannya dengan  menggunakan beberapa tools analisis, dimana salah satunya seperti google analitic. Yang mana alat tersebut dapat menghitung dan menginformasikan jumlah pengunjung dan penjualan dari SEO, media sosial, dan pemasaran email yang dibuat bisa didapatkan.


Meskipun proses ini cukup panjang, namun hasil secara real time dapat dilihat setelah metode ini diaplikasikan. Sehingga strategi pemasaran yang dilakukan dapat diukur, dan langkah perubahan bisa segera diimplementasikan.


3. Dapat menentukan target yang tepat

Manfaat lainnya dari strategi pemasaran online adalah dapat menetukan target yang tepat. Strategi pemasaran ini dapat menyasar dengan tepat calon konsumen yang membutuhkan produk. Kemajuan teknologi saat ini mendorong konsumen memberikan informasi apa saja yang mereka butuhkan. Dengan begitu, pelaku usaha dapat menyiapkan produk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.


4. Dampak pemasaran jangka panjang

Seperti yang kita ketahui bahwa, pemasaran konvensional atau offline memiliki jangka waktu yang relatif sedikit. Umumnya 1 sampai 4 minggu waktu yang dibutuhkan. Sedangkan dengan menggunakan pemasaran online, waktunya tidak terbatas dan berdampak jangka panjang. Di situs pencarian konten pemasaran yang dipasang akan terus terlihat oleh konsumen dalam waktu yang cukup panjang. Namun begitu, pembaharuan terhadap konten promosi tetap harus dilakukan guna menjadikan promosi tersebut lebih menarik.


Itu lah beberapa manfaat strategi pemasaran online untuk usaha konveksi. Dan hampir semua pelaku usaha saat ini menggunakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan kemudahan internet. Selain karena kemudahannya, biaya yang dikeluarkan pun relative lebih sedikit ketimbang pemasaran secara konvensional.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi pelaku usaha demi kemajuan usaha yang dijalani. Jangan lupa share dan comment jika informasi di atas dirasa bermanfaat, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Strategi Pemasaran Online untuk Usaha Konveksi"

Berlangganan via Email