Ketahui Cara Paling Mudah untuk Belajar Bahasa Jepang dengan Cepat

Buat Info - Cara Paling Mudah Belajar Bahasa Jepang


BuatInfo.com - Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa merupakan alat yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pun bahasa sendiri memiliki ragam yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing negara.


Bahasa yang umum digunakan di Indonesia adalah bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Namun ada salah satu bahasa yang sangat menarik dan laiak untuk kita pelajari juga, yaitu bahasa Jepang.


Alasan kenapa bahasa Jepang perlu untuk kita pelajari adalah karena Jepang sendiri merupakan negara yang maju dengan kultur budayanya yang cukup disiplin. Selain itu, bahasa Jepang juga sudah digunakan oleh beberapa negara seperti Korea dan Tiongkok yang notabene merupakan negara jajahan Jepang.


Bicara tentang bahasa Jepang, bahasa ini terbagi ke dalam dua bentuk. Pertama bentuk Hyoujungo (pertuturan standar), yang mana adalah bahasa baku jepang yang sering diajarkan di sekolah maupun menjadi text pemaparan dalam acara TV dengan format yang formal. Bentuk yang kedua adalah Kyoutsugo (pertuturan umum), yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam format non formal.

[Baca Juga: Kamagasaki, Sisi Lain dari Negara Jepang]

Berangkat dari hal-hal penting di atas, maka tidak salah jika kita memiliki pandangan bahwa cukup penting bagi kita untuk menguasai bahasa Jepang, seperti halnya menguasai bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk memudahkan sahabat buatinfo.com dalam belajar bahasa Jepang, maka berikut akan jabarkan mengenai 10 cara cepat belajar bahasa Jepang dengan mudah, seperti di bawah ini.


Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang

Sama halnya dengan metode pembelajaran bahasa lainnya. Belajar bahasa Jepang pun ada caranya dan penting sekali untuk kita pahami, dimana cara-cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Awali dengan niat yang kuat

Niat yang kuat merupakan salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa, termasuk juga dengan bahasa Jepang. Karena segala sesuatu yang diawali dengan niat yang kuat akan berakhir dengan hasil yang memuaskan. Niat yang kuat untuk belajar bahasa Jepang akan menguatkan keinginan kita untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang itu sendiri. 


Pada hakikatnya, niat merupakan modal utama bagi kita untuk melakukan suatu. Jadi, bagi sahabat buatinfo yang benar-benar ingin menguasai bahasa Jepang, ada baiknya jika menguatkan niat terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke cara berikutnya.


2. Cari alasan

Cara cepat untuk belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan mencari alasan kenapa kita perlu dan harus mempelajari bahasa Jepang itu sendiri. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan dalam mempelajari bahasa Jepang karena tidak memiliki cukup alasan dalam mempelajari bahasa Jepang.

Pasalnya, dengan memilik beberapa alasan akan dapat membantu kita termotivasi dalam belajar bahasa Jepang. Alasannya pun beragam, mulai dari ingin meniru cara berbicara orang Jepang, ingin jalan-jalan ke Jepang, suka dengan film anime Jepang atau karena ingin mendapatkan pekerjaan yang laik, mengingat investor Jepang banyak bertebaran di Indonesia.

Semua wajar. Yang jelas, alasan-alasan tersebut dapat membantu kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi, jika sahabat buatinfo ingin mempelajari bahasa Jepang dengan cepat, ada baiknya untuk mencari alasan sebanyak-banyaknya agar tidak kehilangan motivasi belajar di tengah jalan.


3. Tontonlah film anime Jepang

Harus kita akui, film-film anime hasil karya orang-orang Jepang itu memang sangat luar biasa bagus dan menarik untuk kita tonton. Hampir semua orang Indonesia tahu dan sering nonton film-film anime Jepang seperti One Piece, Naruto, Basara, Digimon, Dragonball dan masih banyak lainnya yang tidak bisa kita lewatkan untuk ditonton.

Nah, kegemaran kita menonton film-film anime Jepang ini cukup banyak membantuk dalam proses belajar bahasa Jepang. Kebiasaan menonton film anime Jepang akan membuat kita familiar dengan kosa kata yang sering diucapkan dalam film-film tersebut. Sehingga dengan begitu kosa kata yang kita meliki akan terus bertambah seiring dengan banyaknya film anime Jepang yang kita tonton.


4. Biasakan mendengarkan kalimat berbahasa Jepang

Hampir sama dengan cara pada point 3 di atas. Keseringan kita mendengarkan kalimat atau komunikasi dalam bahasa Jepang akan memudahkan kita dalam pelafalan bahasa tersebut. Jadi sering mendengarkan kalimat atau percakapan dalam bahasa Jepang bisa menjadi salah satu cara cepat dan efektif dalam belajar bahasa Jepang.

Tentunya, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan dalam mengucapkan atau melafalkan bahasa Jepang dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas mendengarkan percakapan dalam bahasa Jepang. Jadi, agar belajar bahasa Jepangnya lebih efektif, sebaiknya sering-seringlah mendengarkan kalimat atau percakapan dalam bahasa Jepang mulai dari sekarang.


5. Biasakan mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang

Setelah terbiasa mendengarkan kalimat atau percakapan dalam bahasa Jepang, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan membiasakan diri untuk berkomunikasi dalam baha Jepang agar lidah terbiasa dalam melafalkan setiap kalimatnya.

Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang adalah salah satu cara untuk melatih pelafalan kosa kata bahasa Jepang yang kita miliki. Mulailah dari menyusun beberapa kalimat, dari yang sederhana sampai dengan yang paling sulit diucapkan. Hingga lidah kita akan terbiasa untuk mengucapkannya


6. Menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang

Cara selanjutnya yang perlu kita terapkan dalam belajar bahasa Jepang adalah dengan menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang. Cara ini sebagai refleksi otak untuk terus mengingat setiap kosa kata dari kalimat yang kita tulis.

Metode menulis ini cukup efektif bagi kita yang ingin cepat bisa berbahasa Jepang. Mengingat pada saat kita menulis memori otak kita akan mengingat setiap kalimat yang akan kita tulis. Jadi, cara yang satu ini bisa dikatakan sebagai metode pembelajaran “menyelam sambil minum air”, menulisnya dapat, melafalkan dan memahaminya pun juga dapat.


8. Sering-seringlah membaca artikel bahasa Jepang

Hampir sama dengan salah satu point di atas (menontong film anime Jepang). Cara yang satu ini juga cukup efektif bagi kita dalam mempelajari bahasa Jepang dengan cepat. Dengan sering membaca artikel berbahasa Jepang, secara tidak langsung kita telah melatih lidah untuk melafalkan setiap kata dalam bahasa Jepang.

Selain sebagai bahan latihan pelafalan, sering membaca artikel bahasa Jepang juga akan membantu kita memahami struktur penulisan dalam bahasa Jepang yang benar. Kita bisa mencari artikel berbahasa Jepang di internet yang banyak menyediakan media bagi kita untuk belajar membaca bacaan berbahasa Jepang.


Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu sedikit banyak membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca dalam bahasa Jepang dengan cepat. Dan jika ingin lebih cepat dan lebih berkembang lagi, sahabat bisa mengkombinasikannya dengan mendengarkan beberapa percakapan dalam bahasa Jepang melalui media televisi ataupun beberapa film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.


9. Mempelajari kata dasar bahasa Jepang

Cara lain yang tak kalah penting adalah dengan mempelajari kata dasar dari bahasa Jepang itu sendiri. Salah satu cara cepat dan efektif untuk bisa berbahasa Jepang adalah dengan mempelajari kata dasar dari bahasa Jepang itu sendiri. Kita bisa mulai dari mempelajari tentang bagaimana cara penulisan dan pelafalan angka, kata ganti, dan kata sapaan dalam bahasa Jepang yang tepat dan benar. 

Prinsipnya, pembelajaran yang dimulai dari dasar, suatu saat akan membawa kita pada puncak penguasaan. Jadi, pelajarilah bahasa Jepang mulai dari dasar terlebih dahulu sebelum melangkah ke jenjang berikutnya.


10. Mencari kenalan orang Jepang atau orang yang pandai berbahasa Jepang

Practice makes us perfect, nah ini juga berlaku pada saat kita ingin belajar bahasa Jepang dengan cepat. Mentor bisa menjadi lawan komunikasi untuk melatih pelafalan kita dalam berbahasa Jepang. Mentor sendiri bisa orang Jepang langsung atau orang lokal yang sudah expert berbahasa Jepang

Keberadaan mentor sendiri selain sebagai lawan praktek kita dalam berkomunikasi dalam bahasa Jepang, mereka juga bisa menjadi pemantau setiap perkembangan bahasa kita dari waktu ke waktu. Sehingga kita bisa tahu seberapa jauh perkembangan kita dalam berbahasa Jepang, dan dimana letak kesalahan serta kekurangan kita dalam belajar bahasa Jepang.


Nah itu lah beberapa cara paling mudah untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat yang perlu untuk kita ketahui bersama. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bukan seberapa cepat kita belajar, tapi seberapa tekun kita mempelajari bahasa Jepang itu sendiri. Karena ketekunan adalah awal dari perjalanan untuk menggapai kesuksesan sejati.


Semoga informasi di atas dapat memberikan mafaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang ingin sekali untuk bisa berbahasa Jepang. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Paling Mudah untuk Belajar Bahasa Jepang dengan Cepat"

Berlangganan via Email