Ketahui Contoh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Buat Info - Contoh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan


BuatInfo.com - Seperti yang sudah kami bahas pada artikel sebelum-sebelumnya bahwa antara rekrutmen dan seleksi memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun keduanya tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan manajemen SDM dalam upaya mendapatkan kandidat seperti yang diharapkan.


Perbedaan dari rekrutmen dan seleksi sendiri bisa dilihat dari tujuan, pendekatan yang digunakan, urutan pelaksaan, proses dan waktu yang dibutuhkan.


Secara teknis, rekrutmen notabene dilakukan sebelum dilaksanakannya proses seleksi. Artinya, rekrutmen bertujuan untuk menjaring sebanyak-banyaknya kandidat yang kemudian akan diseleksi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah contoh rekrutmen dan seleksi.


Contoh Rekrutmen

Job Vacancy

PT Comtronics Systems (ICT Total Solution)


Posisi: Account Executive

Penempatan: Bandung (urgently need), Jakarta, Cikarang atau Semarang


Kualifikasi:

• Usia min. 22 tahun

• Memiliki SIM A

• Memiliki kendaraan pribadi (minimal motor)

• Pendidikan terakhir min. D-3 dengan jurusan Bisnis, Manajemen, Marketing, Ekonomi, atau jurusan lain yang berkaitan

• Memiliki pengalaman sebagai marketing/sales kurang lebih 2 tahun, fresh graduated are welcome to apply

• Fasih menggunakan Microsoft Office & software perkantoran lainnya

• Berpenampilan menarik & rapi

• Memiliki negotiation dan communication skill yang baik

• Pekerja keras

• Mampu bekerja secara individual dan tim

• Target oriented & berintegritas

• Fasih dalam bahasa Inggris baik tulisan & lisan menjadi poin plus


Kirim CV Anda melalui e-mail:

recruitment@comnet.web.id

Subjek: Application_AE_(Nama)


Thank you!

Kata kunci: jawa barat, jabar, jawa tengah, jateng, bekasi, pemasaran


Format lowongan di atas nantinya akan di upload atau diposting ke beberapa platform penyelia lowongan kerja seperti jobstreet, buatinfo, jobId, dll. Nah proses yang demikian ini disebut dengan proses rekrutmen, yaitu upaya menjaring kandidat sebanyak-banyaknya.

[Baca Juga: Jenis-jenis Seleksi Karyawan]

Contoh Seleksi

Seperti yang tersebut di atas bahwa seleksi karyawan akan dilakukan setelah proses rekrutmen. Kandidat yang terjaring dalam proses rekurtmen nantinya akan mengikuti proses seleksi. Dimana proses seleksi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Seleksi administrasi

Yang dimaksud dengan seleksi administrasi adalah proses pemilahan berkas lamaran yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Berkas-berkas yang dimaksud diantara seperti: Surat lamaran dan CV, Ijazah terakhir, Sertifikat Keahlian, SKCK, Surat keterangan sehat, KTP, dan pas foto.


2. Seleksi tertulis

Bagi kandidat yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, maka selanjutnya akan dilakukan seleksi tertulis berupa psikotes guna mengetahui tingkat intelegensi, etos kerja, dan kepribadian kandidat. Adapun beberapa psikotes yang umum digunakan dalam proses seleksi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

- Intelegensi Test

- Personality Test

- Aptitude Test and Interest Test

- Achievement Test


3. Seleksi tidak tertulis

Dari kedua tahapan di atas, jika kandidat atau pelamar dinyatakan lolos. Maka langkah selanjutnya dalam peroses seleksi adalah seleksi tidak tertulis. Yang dimaksud seleksi tidak tertulis disini adalah upaya pelaksana fungsi SDM atau HRD dalam menggali lebih mendalam tentang diri kandidat dengan menggunakan beberapa metode, seperti: Interview dan Study Case, sesuai dengan hasil dua seleksi sebelumnya (Administrasi dan Seleksi tertulis).


4. Pemeriksaan kesehatan

Dan tahapan terakhir dalam proses seleksi karyawan adalah pemeriksaan kesehatan kepada kandidat yang dinyatakan lolos pada tahapan-tahapan sebelumnya. Adapun pemeriksaan kesehatan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut: Pengecekan darah, Tes urine, Tekanan darah, Kesehatan mata, Kesehatan gigi, dan Kesehatan paru.


Nah itulah informasi tentang beberapa contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan yang penting untuk kita ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sehingga bisa menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa share dan comment karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Contoh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan"

Berlangganan via Email