Ketahui Manfaat Berfikir Kritis Bagi Kesuksesan Karir dan Kehidupan Sosial

Buat Info - Manfaat Berfikir Kritis


BuatInfo.com - Sudahkah Anda tahu tentang manfaat berfikir kritis bagi kehidupan Anda?. Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai analis, atau seorang mahasiswa perguruan tinggi tentunya penting untuk memiliki pola pikir yang kritis.


Alasan Pentingnya Berfikir Kritis? 

Terdapat 3 alasan kenapa berfikir kritis itu penting. Dimana yang pertama adalah kemampuan dalam berfikir kritis memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dikarenakan berfikir kritis dipercaya dapat mengembangkan kemampuan berfikir lainnya, seperti decision making dan problem solving dalam kehidupan sehari-hari.

 

Alasan yang kedua adalah sebagai proses mengkorelasikan paham atau pengertian antara satu hal dengan hal lainnya.


Dan alasan yang ke tiga merupakan proses kemampuan menggabungkan beberapa pengertian atau pendapat yang berbeda-beda menjadi sebuah kesimpulan atau suatu keputusan tepat.


Manfaat Berfikir Kritis

1. Mampu berfikir reflektif dan memiliki banyak alternatif jawaban

Membiasakan diri dengan berfikir kritis akan melatih otak kita untuk berfikir secara mandiri dan bersifat reflektif. 


Berfikir secara reflektif adalah adalah proses berfikir yang tidak kita rencanakan. Proses tersebut terjadi secara spontan, dimana secara refleks otak kita akan memikirkan suatu hal serta melakukan hal-hal lain tanpa perlu kita memikirkan atau memerintahkan otak kita untuk memikirkan secara berulang-ulang. 


Selain itu, membiasakan diri untuk berfikir kritis juga akan membuat kita memiliki banyak alternatif jawaban serta ide-ide kreatif lainnya yang dapat menguntungkan kehidupan kita.


Dengan memiliki alternatif jawaban akan membantu kita cepat keluar dari masalah yang kita hadapi, karena kita akan terpaku pada satu solusi saja, melainkan banyak opsi pilihan dalam menyelesaikan masalah tersebut.


2. Mudah menerima sudut pandang orang lain

Kebiasaan untuk berfikir kritis akan membuat pikiran dan otak kita lebih fleksibel. Artinya, kita tidak akan terlalu kaku dalam menghadapi pendapat atau ide-ide dari orang lain.


Kecenderungannya kita akan lebih mudah untuk menerima sudut pandang orang lain walaupun secara substansi pendapat tersebut berbeda dengan persepsi kita.


Tentunya hal ini tidak mudah untuk dilakukan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, namun jika kita telah terbiasa untuk berfikir kritis, maka bukan tidak mungkin lagi, secara spontanitas, hal tersebut akan mudah untuk kita terapkan. 


3. Menjadi rekan kerja yang baik

Selain manfaat di atas, masih banyak pula manfaat lainnya yang bisa kita rasakan dari berfikir kritis ini. Dan manfaat-manfaat tersebut memiliki pola yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Contoh, dalam kehidupan sehari-hari kita merupakan pribadi yang mudah terbuka, dan menerima pendapat orang lain, tentu kita akan lebih disukai oleh rekan kerja Anda. 


Karena kita selalu menerima ide orang lain dengan pikiran terbuka. Maka rekan kerja kita pasti akan menganggap kita sebagai rekan kerja yang baik dan patut untuk dihormati. 


Dengan begitu, situasi lingkungan kerja dimana kita bekerja juga akan lebih baik dan lebih kondusif serta produktifitas kerja akan semakin tinggi.


4. Lebih Mandiri

Kebiasaan untuk selalu berfikir kritis akan menjadikan kita sebagai sosok orang yang mampu berfikir lebih mandiri. Artinya, kita tidak harus selalu mengandalkan orang lain untuk menghadapi setiap masalah yang ada.


Saat dihadapkan pada situasi yang rumit dan sulit serta harus segera mengambil keputusan, kita tidak perlu menunggu orang lain untuk membantu menyelesaikan masalah, karena kita sendiri juga mampu menyelesaikan masalah tersebut. 


Seperti yang tersebut di atas bahwa berfikir kritis membantu kita untuk memiliki lebih banyak alternatif jawaban untuk setiap masalah yang kita hadapi. Itu artinya, dengan memiliki kebiasaan berfikir kritis, kita dapat segera mungkin memunculkan ide-ide, gagasan, serta saran-saran dalam upaya penyelesaian masalah yang baik.


5. Banyak menemukan peluang baru

Manfaat lainnya dari berfikir kritis adalah memungkinkan kita untuk menemukan banyak peluang baru dalam segala hal, bisa dalam konteks pekerjaan maupun bisnis atau usaha yang kita jalani.


Berpikir kritis membuat kita memiliki ketajaman analisa dalam menghadapi suatu masalah atau keadaan tertentu.


Tentu saja hal ini akan menambah kewaspadaan kita sendiri. Untuk menemukan peluang, dibutuhkan ketajaman analisa untuk melihat peluang dari setiap keadaan. Nah yang demikian ini jarang dimiliki oleh mereka yang tidak terbiasa berfikir kritis.


6. Meminimalkan kesalahan persepsi

Kesalahan dalam mempersepsikan sesuatu akan sering terjadi jika kita tidak membiasakan diri untuk berfikir kritis. Beda hal jika kita terbiasa berfikir kritis, segala bentuk informasi apapun yang kita terima, tentu akan kit acari tahu dulu kebenaran dari informasi tersebut. 


Kebiasaan mencari tahu kebenaran suatu informasi, akan meminimalkan kesalahan persepsi akan suatu hal yang belum tentu benar hanya dengan orang lain mengatakan hal tersebut adalah benar.


Dan pada saat kita tahu sebuah persepsi dari orang lain tersebut adalah salah, maka kita akan membantu bukan hanya diri kita, melainkan juga orang lain. Oleh karena itu, dengan semakin sering kita berpikir kritis, maka hal tersebut akan meminimalkan kesalahan persepsi dalam kehidupan kita.


7. Tidak gampang tertipu

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata berfikir kritis juga dapat membuat kita selalu berfikir rasional. Informasi apapun yang kita terima akan kita korelasikan dengan sebuah fakta sebelum kita percaya akan kebenaran informasi tersebut.

[Baca Juga: Tips Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja Online]

Kecenderungannya, kita tidak mudah percaya begitu saja dengan apa yang orang lain katakan. Sehingga hal tersebut membuat kita untuk tidak gampang tertipu atau ditipu oleh orang lain.


Setiap informasi yang masuk akan kita proses terlebih dahulu apakah relevan atau sesuatu yang mustahil sehingga kita dapat menyimpulkan sebagai sesuatu yang tidak benar atau mengandung unsur kebohongan.


Berpikir kritis menuntun kita untuk lebih selektif dalam mengolah informasi, sehingga kita tidak akan gampang tertipu karena setiap informasi yang kita terima, tidak akan langsung kita percayai begitu saja, sebelum menganalisanya terlebih dahulu secara rasional.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Manfaat Berfikir Kritis Bagi Kesuksesan Karir dan Kehidupan Sosial"

Berlangganan via Email