Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Buat Info - Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


Gadget atau disebut juga gawai merupakan suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi praktis yang dirancang secara spesifik dengan menggunakan teknologi yang sangat canggih. Salah satu contoh dari gadget atau gawai yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Smartphone.


Tentu jika dilihat dari kegunaanya, smartphone menjadi wujud nyata dari perkembangan teknologi yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dan kemudahan kepada penggunanya. Namun demikian, dari kemudahan yang diberikan oleh produk elektronik tersebut, Ternyata terdapat beberapa dampak negatif yang cukup luar biasa.


Dampak Negatif Kecanduan Gadget

Berangkat dari hal tersebut buatinfo.com mencoba berbagi informasi tentang Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Penggunaan gadget pada anak dibawah umur akan membawa dampak negatif yang sangat luar biasa, adapun dampak negatif dari penggunaan gadget dibawah umur diantaranya adalah: 


1. Pengaruh terhadap respon visual anak

2. Pertumbuhan otak terlalu cepat

3. Mengalami hambatan pada perkembangan

4. Obesitas

5. Mental disorder

6. Pikun digital

7. Mengalami gangguan tidur

8. Radiasi

9. Meniru tindakan negatif


Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Berdasarkan kesembilan poin diatas, rasanya penting bagi kita sebagai orang tua untuk melakukan tindakan prefentif guna menghindari anak dari kecanduan gadget. Adapun beberapa tindakan prefentif yang bisa kita terapkan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, adalah sebagai berikut:


1. Membatasi Penggunaan

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membatasi penggunaan gadget. Tentu sebagai orang tua kita harus memberikan batasan terhadap penggunaan gadget demi tumbuh kembang anak kita baik secara fisik maupun mental. 


Dalam upaya memberikan batasan, kita tidak perlu melakukan pembatasan secara total kepada anak kita. Cukup dengan memberikan jeda waktu dalam menggunakan gadget agar anak tidak berontak dan tumbuh menjadi anak yang emosional.

 

2. Beri Jadwal

Langkah yang kedua yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan memberikan jadwal penggunaan gadget kepada anak. Langkah ini merupakan langkah lanjutan dari cara di atas sebelumnya. Jadi untuk memberikan pembatasan secara terus menerus, kita butuh untuk membuatkan jadwal penggunaan gadget pada anak.


Mungkin selama ini sianak tidak Anda berikan jadwal menggunakan gadget sehingga anak dengan bebas menggunakannya. Oleh karena, penting bagi kita untuk mengatur jam berapa anak boleh menggunakan gadget.


3. Uninstal Aplikasi yang Membuat Anak Kecanduan.

Langkah ketiga adalah melakukan uninstal aplikasi yang membuat anak menjadi kecanduan terhadap gadget. Langkah ini ini perlu untuk Anda lakukan, mengingat anak memiliki kecenderungan menghabiskan waktunya berhari-hari untuk memainkan aplikasi yang ia sukai. Dimana aplikasi yang umum disukai oleh anak diantaranya seperti seperti game dan aplikasi sosial media.


4. Jangan berikan Akses Internet

Setelah anda melakukan uninstal beberapa aplikasi yang terindikasi disukai oleh anak Anda. Maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan tidak memberikan akses internet kepada Anak. Hal ini untuk menghindari mereka melakukan restore aplikasi yang sudah Anda uninstal sebelumnya. 

[Baca Juga: 9 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi]

5. Instal Aplikasi Bermanfaat

Jika Anda telah melakukan beberapa langkah seperti yang tersebut di atas. Maka cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan memilihkan dan menginstalkan aplikasi yang bermanfaat. Aplikasi tersebut bisa berupa game yang bersifat edukasi, dan aplikasi edukasi lainnya.


6. Berikan Contoh Yang Baik

Dan untuk cara yang terakhir dalam upaya mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada mereka, dengan tidak sering-sering menggunakan gadget di depan anak pada saat mereka diberikan batasan penggunaan smartphone tersebut, kecuali dalam kondisi tertentu.


Nah itu lah beberapa informs tentang tips cara mengatasi kecanduan Gadget pada anak. tentu cara-cara diatas akan sulit Anda terapkan diawal namun kami meyakini bahwa jika Anda menerapkan tips ini secara konsisten, maka bukan tidak mungkin dengan sendirinya anak akan terbiasa.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share dan comment karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Tips Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak"

Berlangganan via Email