Cara Membuat CV yang Baik dan Benar, dan Mengirimnya Lewat Email

Buat Info - Cara Membuat CV dan Mengirimnya Lewat Email


BuatInfo.com - Tidak sedikit tentunya perusahaan yang ingin Anda lamar meminta Anda untuk mengirimkan curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan CV, lewat email. Dan bagi Anda yang belum tahu cara membuat CV yang baik dan benar berikut cara mengirimkannya lewat email, tidak perlu bingun karena pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang cara membuat CV yang baik dan benar langsung dari HP/SmartPhone Anda.


Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Curriculum Vitae (CV) merupakan informasi data singkat tentang background pendidikan, keterampilan profesional, keahlian dan pengalaman yang kita miliki. Tujuan dari pembuatan CV ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki kualifikasi sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Di bawah ini adalah cara yang perlu diketahui dalam membuat CV:


1. Mengetahui data apa saja yang perlu ditulis di CV

Secara keseluruhan, isi dari curriculum vitae adalah informasi tentang data diri, jenjang pendidikan, pengalaman kerja, minat, prestasi anda, dan keterampilan yang Anda miliki. Data tersebut sebagai representasi tentang diri Anda, apakah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak. 


2. Mengetahui pekerjaan yang akan di lamar

Cara penting lainnya dalam membuat CV adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tentang pekerjaan yang akan Anda lamar, karena CV yang baik adalah CV yang sesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan yang akan anda lamar dan mengetahui visi dan misi perusahaan juga perlu diperhatikan padaa saat Anda membuat lamaran.


3. Gali informasi lewat situs web perusahaan

Hal sepele yang sering dilewatkan oleh pelamar kerja adalah tidak mencari tahu informasi lebih lanjut tentang perusahaan. Umumnya dalam situs resmi perusahaan terdapat informasi lebih spesifik yang harus dicantumkan ke dalam CV yang Anda buat. Jadi sebaiknya gali informasi yang lebih detail melalui situs resmi perusahaan sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan.

 

4. Cantumkan pengalaman kerja Anda

Pengalaman kerja yang Anda miliki bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan yang Anda lamar, apalagi pengalaman kerja tersebut sejenis dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Jangan lupa, sertakan juga periode kerja Anda sebelumnya.


Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, tidak perlu hawatir. Anda bisa mencantumkan pengalaman organisasi atau pelatihan atau praktek kerja lapangan yang pernah Anda ikuti. 


5. Perhatikan dalam menulis hobby

Dalam menulis hobi dan minat di CV perlu Anda perhatikan juga. Jangan sampai hobby yang Anda tulis dalam CV memiliki kesan yang kurang menarik bagi perusahaan. Sebaiknya Anda menulis hobby yang merepresentasikan diri Anda sebagai orang yang berorientasi pada tim dan organisasi, seperti contoh di bawah ini: 

• Hobi yang menujukan citra positif: menjadi kapten team sepak bola atau olah raga lainnya, menyelengarakan acara amal untuk korban bencana atau panti asuhan.

• Hobi yang menunjukan sifat pribadi pasif: seperti menonton TV, Membaca buku dan aktivitas lainnya yang serupa.


6. Buatlah daftar keterampilan yang relevan

Cara yang terakhir dalam mebuat CV yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan daftar keterampilan yang akan Anda tulis. Umumnya, perusahaan membutuhkan kualifikasi standard, seperti mahir dalam mengoperasikan Microsoft office, inDesign, dll. Namun itu tergantung kebutuhan perusahaan. Berikut ini contoh skill yang di targetkan:

• Contoh keterampilan tertarget: Pada saat Anda melamar pekerjaan sebagai penulis, maka yang perlu Anda cantumkan pada CV adalah kemampuan yang Anda miliki dalam hal menulis. Dan jika Anda melamar pekerjaan di bagian IT Programmer, maka yang perlu Anda sebutkan adalah kemampuan Anda dalam mengoperasikan JavaScript, MySQL, dll.

[Baca Juga: Fakta Penulisan CV]

Cara Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email

Pasalnya ada banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar pada saat mengirim lamaran kerja lewat email. Dimana kesalahan tersebut bisa berakitbat pada penolakan dari pihak perusahaan, sehingga akan sulit bagi kita untuk segera mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Untuk menghindari kesalahan tersebut, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa cara mengirimkan lamaran lewat email yang baik dan benar di bawah ini:


1. Siapkan akun email

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar kerja pada saat melamar leat email adalah menggunakan akun email dengan nama samaran, seperti misal adegmuanizzz@gmail.com atau nama email asal lainnya. Tujuan dari pembuatan email dengan nama asli adalah untuk keperluan profesionalitas. Jadi sebaiknya gunakan akun email dengan nama sendiri untuk menjaga kesan keprofesionalan Anda.

[Baca Juga: Perbedaan Rekrutmen dan Seleksi]

2. Prosedur pengiriman email ke perusahaan

Dalam upaya mengirimkan lamaran kerja lewat email, Anda harus memperhatikan format pengirimannya. Pasalnya, pengiriman lamaran lewat email ke perusahaan harus bersifat formal dan sesuai proseder yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan. Adapun langka-langkahnya sebagai berikut:

• Ketik email baru

• Pada kolom pertama isikan alamat email tujuan (email perusahaan yang dilamar)

• Pada kolom subjek tuliskan jabatan yang Anda lamar

• Setelah semua langkah di atas selesai, kemudian tuliskan surat lamaran secara formal dan singkat.


3. Lampirkan berkas persyaratan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah beberapa berkas sebagai syarat lengkap untuk melamar kerja. Berkas-berkas tersebut nantinya dijadikan lampiran pada saat mengirim lamaran ke perusahaan. Adapun beberapa syarat yang harus dilengkapi diantara:

• Surat lamaran kerja

• Cv / daftar riwayat hidup

• Ijazah

• Pas foto

• SKCK (bila di minta)

Untuk lebih lengkapnya tentang syarat melamar kerja bisa Anda klik DISINI.


4. Check sebelum mengirim email

Setalah semua proses yang tersebut di atas sudah dilakukan, sebaiknya check kembali sekali lagi mulai dari tata bahasa dan penulisannya ketika sudah baik dan benar maka segera tekan tombol kirim email sperti gabamar berikut:


Nah itulah informasi tentang cara membuat CV dan mengirimnya lewat email. Cara yang tersebut di atas lebih efektif dan bisa membuat lamaran kerja Anda lolos seleksi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang mencari lapangan pekerjaan. Jangan lupa share dan commentya karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat CV yang Baik dan Benar, dan Mengirimnya Lewat Email"

Berlangganan via Email