Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa yang Sangat Menguntungkan

Buat Info - Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa


BuatInfo.com - Pelaku bisnis saat ini muncul dari banyak kalangan, termasuk juga dari kalangan mahasiswa. Mahasiswa selain sebagai agen perubahan, mereka juga membuka jalan untuk menjadi pelaku bisnis yang sukses. Ada banyak tentunya ide bisnis yang dapat mereka jalankan, yang mana bisnis tersebut tidak mengganggu aktivitas akademik mereka.


Nah, pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang sekumpulan ide bisnis mahasiswa dengan perolehan keuntungan yang lumayan besar tapi tidak menggangu aktivitas akademik. Dan mungkin ide bisnis mahasiswa ini juga bisa sahabat buatinfo jalankan untuk menambah pendapatan harian. Apa saja ide bisnis mahasiswa tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.


Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa

Tentunya ada beberapa alasan kenapa banyak mahasiswa yang memilih untuk terjun ke dunia bisnis. Namun alasan yang umum adalah selain untuk menambah uang saku, memulai bisnis sedini mungkin bisa menjadi modal pengalaman yang dapat dikembangkan pasca lulus nanti. Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu itu tidak melulu diperoleh di bangku perkuliahan saja, melainkan juga bisa kita peroleh di semua tempat termasuk di dunia bisnis. Adapun ide bisnis mahasiswa yang biasa mereka jalankan adalah sebagai berikut:

1. Bisnis Online Shop

Perkembangan jaman yang serba digital seperti saat ini mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai peluang bisnis yang lumayan menguntungkan. Dengan memanfaatkan anime masyarakat terhadap penggunaan smartphone dan produk digital lainnya, mereka memulai bisnis online shop untuk mmemenuhi semua kebutuhan masyarakat setiap harinya.


Pemasaran untuk bisnis online shop ini pun cenderung mudah dan hemat biaya. Dengan hanya memanfaatkan media sosial seperti facebook, Instagram, website, dan platform lainnya sudah bisa menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang mereka pasarkan.


2. Bisnis Les Privat

Ide bisnis lain yang sering dijalankan oleh mahasiswa adalah les privat. Ide bisnis yang satu ini terbilang tidak jauh dari dunia akademik yang mereka lakoni. Dengan memanfaatkan keilmuan yang mereka miliki, mereka memulai bisnis ini dari rumah-rumah atau menyewa tempat yang strategis bagi mereka yang memiliki modal lebih. Adapun target pemasaran dari bisnis yang satu ini adalah anak-anak SD, SMP, dan SMA sesuai dengan materi yang mereka kuasai.


3. Bisnis Jasa Pengetikan

Bisnis yang ketiga ini pun hampir sama dengan ide bisnis yang di atas yaitu sama-sama memanfaatkan keterampilan akademik yang mereka miliki. Kebiasaan mengerjakan tugas kulyah membuat mereka lihai dalam memfungsikan Microsoft office khususnya Microsoft word. Keahlian dalam mengetik cepat dimanfaatkan oleh mereka untuk membuka jasa pengetikan. Biasanya target pemasaran dari ide bisnis ini adalah mereka para mahasiswa yang kurang lihai dalam mengetik dan memiliki sedikit waktu.

[Baca Juga: 9 Ide Bisnis Kreatif yang Belum Banyak Orang Ketahui]

4. Bisnis Jualan Makanan Ringan

Semua orang tentunya suka dengan makanan ringan terutama mereka para kaum hawa. Kondisi yang demikian ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mendapatkan tambahan uang saku dengan berjualan makanan ringan, baik secara online maupun offline. Umumnya, mereka lebih banyak berjualan offline dengan membawa produk makanan mereka ke kampus dan menawarkan ke teman-teman kampusnya.


5. Bisnis Jasa Pembuatan Web / Blog

Siapa tak mengenal platform blog di jaman seperti sekarang ini. Tentunya semua orang sudah mengetahui apa dan bagaimana fungsi blog itu sendiri. Namun tidak semua orang bisa membuat blog sebagai ladang penghasilan mereka. Nah kondisi yang demikian ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan dengan cara membuka jasa pembuatan website / blog. Dan kebanyakan dari mereka yang menjalankan bisnis ini adalah mahasiswa jurusan teknik informasi (TI) yang notabene sudah paham dengan pembuatan web / blog itu sendiri.


6. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Adapun ide bisnis yang keenam adalah jual beli buku bekas. Setiap mahasiswa tentunya membutuhkan buku-buku akademis untuk menunjang kegiatan akademis mereka. Dan bagi sebagian mahasiswa kondisi yang demikian bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Mereka menawarkan buku-buku bekas yang masih laiak digunakan dengan harga yang lebih murah. Responnya pun banyak karena dapat menyiasati tingginya biaya pendidikan, sehingga buku bekas ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran.


7. Bisnis Jasa Desain Grafis

Bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, ide bisnis yang satu ini cukup menarik untuk dijalankan. Tentunya banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan mengerjakan tugas kulyah, desain kaos, website dan lain sebagainya. Jadi menjalankan bisnis yang satu ini akan sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan biaya yang banyak, cukup dengan memanfaatkan kemampuan desain  grafis yang dimiliki, bisnis yang satu ini sudah bisa dijalankan dan menguntungkan.


8. Bisnis Jasa Fotografi

Bagi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ekstrakurikuler, khususnya ekstrakurikuler fotografi tentu ide bisnis yang satu ini bisa menjadi lahan basah mereka. Kenapa tidak, semua orang menginginkan moment-moment terbaik mereka diabadikan. Dan salah satu cara untuk mengabadikannya adalah dengan jepretan foto yang berkualitas. Nah kebutuhan tersebut bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki keahlian dalam dunia fotografi. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan share jasa di media sosial dengan melampirkan foto hasil jepretannya sudah cukup bisa menarik minat orang-orang untuk menggunakan jasanya.


9. Bisnis Jasa Menulis Online

Mahasiswa yang memiliki hobby menulis tentunya akan sangat tertarik dengan ide bisnis yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sudah banyak bermunculan blogger yang menjadi publisher google adsense. Dan untuk tetap eksis dan terus mendapatkan rupiah dari adsense mereka harus terus update konten di blog mereka. Nah moment seperti ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang hobby menulis. Caranya pun mudah, cukup bergabung di forum blogger dan menawarkan jasa menulis online, kita sudah bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai tambahan uang saku.

[Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan]

10. Bisnis Jasa Penerjemah

Nah untuk ide bisnis terakhir ini umumnya dilakukan oleh mahasiswa jurusan bahasa, baik bahasa Jepang maumpun Inggris. Dengan memanfaatkan kemampuan berbahasa yang mereka miliki, mereka menawarkan jasa penerjemah baik itu kepada instansi atau pun perorangan. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan yang mencari jasa penerjemah untuk keperluan perusahaan. Selain itu juga, tidak sedikit pula mahasiswa yang membutuhkan penerjemah untuk keperluan tugas semester atau pun tugas akhir.


Itulah beberapa ide bisnis mahasiswa yang sangat menguntungkan dan yang pastinya tidak sampai mengganggu aktivitas akademik. Tentunya masih ada banyak lagi ide bisnis lainnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa seperti pada artikel sebelumnya, yaitu Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa yang mungkin bisa menginspirasi sahabat semua.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi sahabat semua, dan bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis Anda. Jangan lupa share dan comment jika informasi di atas bermanfaat, karena yang namanya berbagi itu pasti indah.

Tidak ada komentar untuk "Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa yang Sangat Menguntungkan"

Berlangganan via Email