Patut Dicoba, 9 Ide Bisnis Kreatif yang Belum Banyak Orang Ketahui

Buat Info - 9 Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan


BuatInfo.com - Dijaman yang serba digital seperti sekarang ini, cukup banyak membantu kita dalam mendapatkan informasi tentang ide-ide kreatif untuk bisnis agar terus menguntungkan. Hanya dengan searching di google maka akan nampak ratusan bahkan ribuan informasi tentang ide-ide kreatif yang kita cari.


Secara definisi, ide bisnis kreatif adalah respon seseorang terhadap masalah yang dihadapi dengan menggunakan kreativitas yang dimiliki, sehingga menjadi peluang yang menguntungkan. Kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam mempertahankan sebuah usaha yang dijalankan. Karena kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah kemampuan dalam menuangkan ide kreatif dan inovatif yang bernilai ekonomis.


Nah, pada kesempatan kali ini. Buatinfo.com akan berbagi informasi tentang ide bisnis kreatif yang belum diketahui oleh banyak orang. Dengan kata lain, masih minim persaingan dan bisa menjadi peluan usaha yang menjanjikan dan patut Anda coba.


Ide Bisnis Kreatif Minim Persaingan

Seperti yang tersebut di atas bahwa beberapa ide bisnis di bawah ini belum ada banyak orang yang tahu. Sehingga tingkat persaingannya akan lebih sedikit dan keuntungan yang didapat akan lebih besar. Adapun beberapa ide bisnis kreatif yang di maksud adalah sebagai berikut:


1. Keripik gedebog pisang

Ide bisnis yang pertama adalah keripik gedebog pisang yang merupakan salah satu jenis ide bisnis jajanan. Siapa yang menyangka bahwa gedebog pisang bisa dijadikan jajanan yang enak, renyah dan bernilai ekonomis. Dengan kreativitas dan berani berinovasi, maka dapat dihasilkan salah satu jenis jajanan baru yang belum diketahui oleh banyak orang. Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini untuk memulai usaha yang Anda inginkan.


2. Produk daur ulang

Permasalahan sampah sudah menjadi masalah klasik di negeri ini. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis sampah yang memiliki nilai ekonomis jika diolah dengan kreativitas. Contohnya seperti sampah plastik, sampah kaleng minuman, dan sisa potongan kain yang tidak terpakai.


Dari beberapa jenis sampah seperti yang tersebut di atas, bisa dihasilkan sebuah karya yang bisa memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Seperti misalnya sampah plastik bisa di daur ulang menjadi sebuah tas unik, topi, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan kain sisa yang tak terpakai bisa di daur ulang menjadi produk kebutuhan rumah tangga seperti keset, atau boneka mainan anak-anak.

Ide bisnis produk daur ulang ini bisa Anda coba. Selain bisa menguntungkan, ide bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak karena bahan bakunya bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.


3. Penyewaan mainan anak-anak

Masa kanak-kanak merupakan masa dimana kebutuhan primernya adalah bermain. Jadi, hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang ingin memiliki ide bisnis kreatif. Mengingat tidak banyak orang yang memulai bisnis yang satu ini.


Untuk mengawalinya, Anda bisa memanfaatkan mainan anak-anak Anda yang masih bagus dan tidak terpakai. Namun seiring berjalannya waktu, usahakan Anda sudah bisa mengembangkan bisnis yang satu ini dengan melengkapi dengan pilihan produk yang banyak dibutuhkan oleh konsumen Anda.

[Baca Juga: Tips Memulai Usaha Rumahan]

4. Kursus alat music

Nah bagi Anda yang hobby bermain musik dan piawai dalam memainkannya, Anda bisa mencoba jenis ide bisnis yang satu ini. Untuk mengawalinya Anda bisa melakukan metode jemput bola, yaitu datang langsung ke rumah murid Anda untuk memberikan materi kursus music yang Anda jalankan.


Selain metode di atas, usahakan materi pembalajaran yang Anda berikan merupakan metode pembelajaran yang sistematis yang dapat dipahami oleh murid Anda dengan mudah. Karena dengan begitu, bisnis yang Anda jalani akan berkembang lebih besar seperti yang Anda harapkan.


5. Digital marketing

Untuk ide bisnis yang satu ini merupakan upaya mengikuti arus perkembangan jaman. Dimana saat ini hampir semua kebutuhan dilakukan secara digital. Oleh karena itu, tingginya anime masyarakat dalam menggunakan media digital bisa Anda manfaatkan.


Jika Anda merasa tidak memiliki basic di dunia digital, Anda bisa belajar secara autodidak untuk mengenal lebih jauh tentang dunia digital berikut produknya. Atau Anda bisa mengajak kolega Anda yang memiliki keahlian dalam dunia digital, sehingga Anda dapat memulai ide bisnis kreatif ini secara joint venture dengan kolega Anda.


6. Content creator

Ide bisnis kreatif yang satu ini hampir sama dengan ide bisnis sebelumnya, yaitu sama-sama mengikuti arus perkembangan jaman. Kita tentunya sudah banyak tahu tentang dunia bloging atau YouTube. Bagi mereka yang bergelut dalam dunia blogging dang perYouTube-an tentu membutuhkan konten-konten kreatif untuk mereka upload di Blog atau channel YouTube yang mereka miliki.

Disini Anda bisa memanfaatkan kebutuhan para blogger dan YouTuber dengan menawarkan jasa sebagai content creator. Untuk menjalankan ide bisnis ini, Anda hanya membutuhkan ide-ide kreatif dalam membuat sebuah konten. Agar konten yang Anda buat dapat menarik minat pembaca atau penonton platform dari konsumen Anda.


7. Blogger

Ide bisnis ini kelanjutan dari ide bisnis yang di atas. Jika menulis merupakan hobby Anda, Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini. Ternyata menjadi seorang blogger bukan hanya sekedar upaya menyalurkan hobby menulis, melainkan juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

[Baca Juga: Ide Bisnis Online yang Menguntungkan]

Cara untuk mendapatkan uang dari menjadi seorang blogger, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan blogg Anda ke platform penyelia iklan seperti yang umum saat ini adalah Google Adsense. Setelah Anda diterima sebagai publisher Adsense, disitulah Anda mulai membangun gudang uang Anda.


Selain itu, ide bisnis yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menual jasa backlink kepada blogger lainnya dan jasa kursus bagi mereka yang membutuhkan. Dengan kata lain, menjadi seorang blogger tidak hanya memiliki satu pintu penghasilan, melainkan ada banyak pintu penghasilan yang akan Anda buka dari waktu ke waktu.


8. Dropship produk kecantikan

Adakah yang berani membantah bahwa produk kosmetik menjadi kebutuhan primer para kaum hawa?. Tentu tidak akan ada yang berani bukan. Karena memang produk kecantikan atau kosmetik merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh para wanita dalam menunjang penampilan mereka dalam kehidupan sehari-hari.


Nah, berangkat dari itu semua. Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjadi dropship produk kecantikan. Anda tidak butuh modal banyak hanya cukup ketersediaan kuota internet smartphone, Anda sudah bisa memasarkan produk kecantikan kepada rekanan, keluarga, atau khalayak umum melalui media sosial.


9. Menjadi selebgram

Ide bisnis kreatif yang terakhir ini hampir sama dengan para selebritis. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan media sosial khususnya telegram tentu sudah paham tentang selebgram ini. Tapi bagi Anda yang belum tahu, disini akan kita jelaskan.


Selebgram merupakan publik figur di media sosial dengan jumlah pertemanan atau pengikut yang cukup banyak. Dan cara selebgram menghasilkan uang adalah dengan membuka jasa endorsement untuk produk-produk yang ingin dipasarkan. Umumnya, para selebgram ini akan diminta oleh pelaku bisnis untuk membantu memasarkan produk yang mereka jual dengan memberikan imbalan uang sesuai yang disepakati.

Cukup mudah bukan?, Anda tertarik untuk menjadi selebgram?, lakukan beberapa langkah di bawah ini:

- Bangun self-branding dengan cara membuat citra unik dan menarik

- Selalu aktif membagikan moment menarik

- Aktif membalas komentar dengan ramah

- Dan yang terpenting good looking.


Nah itulah informasi tentang beberapa ide bisnis kreatif yang belum banyak orang ketahui dan patut Anda coba. Selain itu, ada juga informasi tentang Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa yang bisa Anda baca DISINI. Intinya, masih ada banyak cara untuk menjadi sukses, selama langkah kaki tak dipaksa berhenti oleh kelemahan diri.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang membutuhkan ide-ide kreatif untuk memulai usaha yang diidam-idamkan. Jangan lupa share dan comment karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Patut Dicoba, 9 Ide Bisnis Kreatif yang Belum Banyak Orang Ketahui"

Berlangganan via Email