Ide Bisnis Kreatif di Dunia Kopi dengan Modal Kecil

Buat Info - Ide Bisnis Kreatif di Dunia Kopi


BuatInfo.com - Kopi merupakan minuman komuditas dunia yang banyak disukai oleh semua orang. Terdapat dua jenis kopi yang umum dinikmati baik di kedai kopi sederhana sampai dengan coffee shop, yaitu kopi robusta dan arabika. Kedua jenis kopi ini telah menjadi menu minuman pilihan orang-orang sebelum, pada saat, dan setelah melakukan aktivitas sehari-hari.


Dan faktanya, tenyata kopi bukan hanya sekedar minuman favorit saja. Melainkan aktifitas ngopi telah menjadi hobi yang cukup menghasilkan.nikmat yang ujung-ujungnya dijadikan hobi. Saat ini, tidak sedikit tentunya dimana penikmat kopi yang menjadikan hobbynya sebagai lahan bisnis untuk menambah penghasilan setiap harinya.


Pasalnya, tidak sedikit dari pengusaha sukses yang membangun usahanya dari hobby mereka. Jadi jangan heran jika dari banyaknya industri kopi saat ini datang dari para penikmat kopi yang tertarik memulai bisnisnya di dunia kopi.


Namun sayangnya, tidak sedikit pula dari mereka yang merasa kalah sebelum berperang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti ketidak tersediaan modal dan minimnya metode yang tepat dalam membuat strategi usaha. Padahal jika mereka tahu bahwa untuk memulai bisnis di dunia kopi tidak harus membutuhkan banyak modal, namun harus jeli melihat peluang. Dan agar bisa membaca peluang tersebut, ada baiknya menggunakan analisis SWOT untuk memulai bisnis di dunia kopi.


Dan bagi Anda yang tertarik untuk menjadi pengusaha kopi. Pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi empat ide bisnis kreatif di dunia kopi tanpa modal besar yang bisa Anda jalankan.


4 Ide Bisnis Kreatif di Dunia Kopi

Berikut empat ide bisnis kreatif di dunia kopi yang perlu Anda ketahu:


Berbisnis Cold Brew

Saat ini, cold brew atau dikenal juga dengan kopi seduh dingin mulai banyak diminati oleh masyarakat banyak, dan animo ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat brand cold brew Anda sendiri. Untuk lokasi Anda tidak perlu yang luas seperti cafe atau kedai kopi pinggir jalan. Yang Anda perlukan hanyalah strategi marketing melalui sosial media yang tentunya sangat efektif berjualan secara online.

[Baca Juga: 10 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa]

Untuk memulainya Anda hanya membutuhkan alat seduh dingin dengan harga yang cukup terjangkau, berkisar 200 ribuan sampai dengan 1 jutaan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan isi kantong dan kebutuhan Andan. Bahkan, ada beberapa pengusaha kopi cold brew yang masih menggunakan alat seduh manual. Jadi terserah Anda, ingin yang manual atau yang otomatis sesuai dengan budget yang Anda miliki.


Selain modal seperti di atas, yang perlu Anda siapkan untuk memulai bisnis ini adalah kemampuan Anda dalam meracik biji kopi yang sesuai dengan brand cold brew Anda. Untuk itu, Andan perlu bertanya kepada ahlinya yang sudah lebih dulu memulai bisnis yang ini. Satu lagi, buatlah design botol untuk kemasan yang menarik agar dapat menarik masyarakat untuk membeli produk usaha Anda.


Penjual Biji Kopi

Satu lagi ide bisnis kreatif di dunia kopi yang tidak membutuhkan modal besar, yaitu jadi penjual biji kopi. Memulai bisnis ini, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi dengan petani dan pabrik kopi. Disini Anda hanya menjual kembali biji kopi yang sudah Anda dapatkan dari petani dan pabrik ke beberapa coffee shop atau kedai-kedai kopi yang lumayan besar. 


Keuntungan dari ide bisnis ini tentunya tidak sedikit karena Anda membeli biji kopi dengan harga yang lebih murah dari tangan pertama yang selanjutnya Anda jual dengan harga lebih tinggi. Namun demikian, sebelum menjual biji kopi tersebut yang harus Anda perlukan adalah ketelitian dalam memilih biji kopi yang terbaik dan layak untuk dijual. Dan jika ingin untung yang lebih besar, Anda bisa merebrand biji kopi tersebut dengan brand Anda sendiri. Dengan begitu Anda dengan mudah memiliki usaha jual-beli biji kopi dengan untung besar tapi modal sedikit.


Kedai Kopi Sederhana

Keuntungan dari bisnis kopi yang satu ini sebenarnya tidak sesederhana namanya. Meskipun hanya kedai kopi sederhana, bukan berarti bisnis kedai kopi ini kurang berkualitas dan keuntungan sedikit. Dalam memulai bisnis kopi tidak melulu tentang alat/mesin dan lokasi yang mewah. Cukup gunakan alat seduh manual yang tidak membutuhkan listrik seperti rok presso, dan manual brew seperti aeropress, chemex, dan V60.


Selain itu, umumnya di kedai kopi sederhana ada cemilan atau makanan ringan. Nah untuk yang satu ini bisa Anda buat sendiri atau menggunakan jasa orang lain jika Anda tidak ada waktu untuk membuatnya. Dari hasil penjualan makanan ringan ini bisa dibagi hasil nanti. So, selain dapet hasil dari penjualan kopi, Anda juga bisa dapet hasil dari penjualan makanan ringan tersebut. Cukup mudah bukan untuk menghasilkan uang dari bisnis di dunia kopi walau sederhana.


Coffee Truk atau Gerobak Kopi

Mungkin di Indonesia sendiri masih sedikit kita temui kedai kopi menggunakan truk atau gerobak kopi dengan konsep keren di pinggir jalan. Kalau Anda ke luar negeri seperti Amerika dan Australia, disana Anda akan menemukan banyak pembinis kopi yang menggunakan truk di pinggi jalan. Ide bisnis kopi yang satu ini juga tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa memulainya dengan modal yang cukup ringan.


Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai ide bisnis kopi ini adalah menentukan terlebih dahulu menu kopi yang akan Anda jual, cold brew atau kopi hitam panas biasa. Selanjutnya design truk atau gerobak yang bisa dibuat untuk berjualan. Buat design yang menarik dan senyaman mungkin agar bisnis coffee truk yang Anda jalankan dapat menarik minat pembeli.


Nah, itulah ide bisnis kreatif di dunia kopi yang dapat Anda jalankan. Jangan pernah menunggu untuk memulai sesuatu. Karena kita tidak akan pernah tahu pengalaman apa yang ada disetiap perjalanan jika kita menunda tuk melangkah. Beberapa ide di atas juga bisa dijalankan oleh mahasiswa di sela-sela aktivitas akademiknya.

[Baca Juga: Kumpulan Ide Bisnis Mahasiswa]

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan menginspirasi kita semua untuk memualai bisnis yang kita mimpi-mipikan. Jika Anda memiliki ide bisnis kreatif lainnya bisa tambah comment di bawah ini.

Tidak ada komentar untuk "Ide Bisnis Kreatif di Dunia Kopi dengan Modal Kecil"

Berlangganan via Email