10 Cara Agar Mencintai Pekerjaan dengan Mudah

Buat Info - Cara Mencintai Pekerjaan


BuatInfo.com - Bagi sebagian orang, pekerjaan yang mereka jalani terkadang dianggap sebagai beban yang cukup melelahkan. Hal tersebut bisa terlihat dari etos kerja yang kian menurun setiap harinya. Beberapa etos kerja yang terindikasi bahwa pekerjaan menjadi beban adalah seringnya menunda-nunda, mengeluh, dan gampang stress di tempat kerja.


Alasan utama kenapa pekerjaan itu bisa menjadi beban adalah karena kita tidak sepenuhnya mencintai pekerjaan yang kita jalani. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang bagaimana cara agar mencintai pekerjaan yang menjadi ladang pendapatan dalam hidup kita.


Adapun cara yang di maksud di atas kami rangkum dalam 10 cara agar mencintai pekerjaan, seperti yang tersebut di bawah ini.


10 Cara Agar Dapat Mencitai Pekerjaan

1. Banyak bersyukur

Cara yang pertama untuk bisa mencintai pekerjaan adalah dengan bersyukur. Lebih banyak bersyukur karena telah mendapatkan pekerjaan, akan meringankan langkah kita untuk menjalani pekerjaan tersebut. Coba bayangkan, di luar sana masih banyak orang yang mengantri untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Namun mereka tidak seberuntung Anda yang saat ini sudah mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang Anda jalani.


Jadi mulai sekarang banyak-banyaklah bersyukur agar Anda bisa mencintai pekerjaan Anda. Karena dengan beryukur, Anda akan selalu berfikir positif sehingga Anda dapat menghadapi dan mengerjakan pekerjaan dengan senang.


2. Berdoa sebelum bekerja

Dalam melakukan aktivitas apapun kita dianjurkan untuk membaca do’a terlebih dahulu. Begitu juga sebelum melakukan pekerjaan di kantor. Dengan berdo’a kita akan merasakan ikhlas dan sabar dalam menghadapi aktivitas pekerjaan. Selain itu, dengan berdo’a kita telah meminta kepada Tuhan yang Maha Esa untuk diberikan rezeki yang halal dan barokah.

[Baca Juga: Faktor Penting dalam Proses Seleksi]

Jadi bedo’alah sebelum memulai pekerjaan Anda. Agar rasa cinta akan pekerjaan selalu tumbuh dalam diri Anda, dan rezeki yang diterima akan lebih berkah.


3. Miliki paradigma seorang karyawan

Mungkin sebagian dari kita masih berfikiran bahwa bekerja ikut orang adalah buruh atau pekerja. Nah yang demikian ini coba kita rubah, kita adalah seorang karyawan yang notabene merupakan orang yang berkarya yang justru dibutuhkan oleh orang lain.


Dengan merubah paradigma seperti yang tersebut di atas, tentunya kita akan selalu siap untuk berkarya dengan cara menyelesaikan pekerjaan. Sehingga kita berkontribusi penuh terhadap perusahaan dimana kita bekerja.


Semakin sering kita menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab kita, maka semakin besar pula karya kita terhadap perkembangan perusahaan. Dengan demikian, kita akan dengan senang hari mencintai apa yang menjadi pekerjaan kita selama ini.


4. Lakukan yang terbaik

Menyambung dari point tiga diatas. Kita adalah orang yang berkarya, oleh karena itu teruslah melakukan yang terbaik. Semudah atau seberat apa pun tugas pekerjaan kita, tetap lakukan yang terbaik demi hasil yang baik pula.


Dengan terus melakukan yang terbaik, maka bukan hal sulit bagi kita untuk mendapatkan respon yang baik juga dari perusahaan tempat kita bekerja. Karena Hukum Ketertarikan (law of attraction) bekerja untuk diri kita.


5. Selesaikan pekerjaan secepat mungkin

Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa menunda-nunda pekerjaan merupakan salah satu indikator bahwa kita tidak mencintai pekerjaan kita. Maka dari itu, untuk mencintai pekerjaan kita mulai dari sekarang jangan sampai menunda-nunda pekerjaan. Selesaikan tugas secepat mungkin sebelum deadline.


Dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, kita akan terhindar dari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Selain itu, kita akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Finally, sekali lagi hukum ketertarikan (law of attraction) akan kita rasakan.


6. Kembali pada tujuan karier

Jika kita berada pada kondisi dimana kita merasa berat dalam memikul tugas-tugas kantor. Sebaiknya kita kembali pada tujuan karier kita. Karena dengan begitu, beban berat yang kita rasakan akan berubah menjadi ringan.


Anggaplah tugas-tugas yang sedang kita hadapi sekarang tidak lain dan tidak bukan adalah tangga untuk menggapai tujuan karier yang kita inginkan. Semakin baik manajemen waktu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, maka tidak menutup kemungkinan tujuan karier yang kita inginkan akan terlaksana dengan mudah dan kita akan mencintai pekerjaan kita.


7. Fokus menyelesaikan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu

Kebiasaan sebagian besar dari kita selalu ingin menyelesaikan pekerjaan yang bobotnya ringan terlebih dahulu. Padahal jika kita rasakan, setelah menyelesaikan pekerjaan dengan bobot yang ringan, kita cenderung malas untuk menyelesaikan pekerjaan yang bobotnya lebih berat.


Oleh karena itu, mulai dari sekarang fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Agar untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang notabene lebih ringan akan mudah kita lakukan. Karena jika yang sulit saja bisa kerjakan, maka yang ringan pun akan sangat mudah kita selesaikan.


8. Mencicil pekerjaan yang bobotnya berat

Pekerjaan yang bobotnya besar memang selalu mengganggu mood kerja kita. Untuk mengantisipasi hal tersebut langkah yang tepat adalah dengan mencicil pekerjaan tersebut dengan membuat schedule penyelesaian yang ketat.

[Baca Juga: Tips Aman Melamar Kerja Lewat Email]

Pasalnya, dengan terus action dengan cara mencicil pekerjaan yang berat, kita akan menyadari bahwa tidak ada pekerjaan besar yang sulit jika kita bertindak dengan menyelesaikan tugas-tugas tersebut.


9. Ingat keluarga di rumah

Cara yang kesembilan untuk mencintai pekerjaan kita adalah dengan terus mengingat keluarga di rumah. Ingatlah keluarga di rumah pada saat kita dalam kondisi malas untuk menyelesaikan pekerjaan. korelasikan dampak positif dan negatifnya kepada keluarga jika pekerjaan yang menjadi tugas kita tidak terselesaikan.


Dan satu hal yang perlu kita ingat kembali adalah tujuan utama bekerja kita, yaitu untuk keberlangsungan hidup keluarga. Jadi dengan begitu kita kembali semangat berkerja dan mencintai pekerjaan kita.


10. Bekerjalah dengan ikhlas

Dan yang terakhir adalah berkerja dengan ikhlas jika ingin mencintai pekerjaan. Mengingat bekerja dengan ikhlas akan menjadi ibadah yang berbuah pahala bagi kita. Selain itu, dengan bekerja secara ikhlas akan membuat kita terus bersemangat karena sugesti positif memenuhi alam fikiran kita. Dan sekali lagi, hukum ketertarikan kembali berlaku pada diri kita. Jika kita ikhlas dalam bekerja, maka bukan hal sulit untuk menyelesaikan setiap tugas yang kita terima.


Kesimpulan

Dari pemaparan di atas bisa kita simpulkan bahwa apapun dan dimanapun kita bekerja akan selalu menjadi beban jika tidak dikelola dengan baik. Dan untuk mengelola dengan kita butuh fikiran yang positif. Dengan selalu berfikir positif tentu kita akan lebih mudah untuk mencintai pekerjaan kita dan menjadikannya lebih ringan.

[Baca Juga: Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Agar Lolos Seleksi]

Jadi, jika kita ingin mencintai pekerjaan sebaiknya implemetasikan beberapa cara di atas agar kita lebih bahagia lagi menjalani aktivitas kerja kita. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat. Dan jangan share artikel ini agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain.

Tidak ada komentar untuk "10 Cara Agar Mencintai Pekerjaan dengan Mudah"

Berlangganan via Email