Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik Agar Bisa Lolos Seleksi Kerja

Buat Info - Cara Membuat CV yang Baik dan Benar


BuatInfo.com - Melamar pekerjaan bukanlah suatu hal yang menakutkan dalam hidup kita. Namun demikian, melamar pekerjaan juga bisa membuat hati berdebar-debar. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa kehawatiran yang sering muncul pada saat melamar kerja, dimana salah satunya adalah hawatir tidak lolos atau tidak diterima.


Terdapat beberapa faktor kanapa lamaran kita tidak lolos dengan mudah pada saat seleksi administrasi. Dimana beberapa faktor tersebut diantaranya adalah ketidak sesuaian kualifikasi dengan kompetensi diri, dan juga karena kurang menariknya tampilan CV dan surat lamaran kerja yang kita buat.


Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang cara membuat CV lamaran kerja yang menarik agar bisa lolos pada saat melamar kerja. Apa saja cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

[Baca Juga : Cara Membuat CV dan Cara Mengirimnya Lewat Email]

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau curriculum vitae merupakan data diri yang dibuat untuk merepresentasikan tentang diri pelamar. Jadi dalam membuat CV yang baik dan benar seharusnya ditulis secara detail dan semenarik mungkin agar bisa lolos dalam seleksi kerja. Berikut ini beberapa cara dalam penulisan CV yang baik dan benar:

1. Tuliskan data identitas diri dengan benar

Seperti yang kita sebutkan di atas bahwa CV merupakan representasi diri pelamar. Jadi untuk bisa lolos dalam seleksi administratif, tulislah identitas diri secara lengkap dan benar. Identitas diri yang dimaksud berupa data diri sesuai KTP seperti nama lengkap, alamat lengkap, dan status (single/menikah).


Selain data yang tersebut di atas, tuliskan juga tentang deskripsi diri Anda mulai dari usia, kondisi kesehatan, keahlian, pendidikan dan beberapa pengalaman kerja (jika pernah bekerja). Hal tersebut untuk menginformasikan tentang potensi yang Anda miliki.


2. Tuliskan nomer yang bisa dihubungi

Selain identitas diri seperti yang tersebut di atas. Yang pelu Anda tuliskan juga adalah nomer handphone atau alamat email aktif. Hal itu dibutuhkan oleh perusahaan guna menghubungi Anda sewaktu-waktu jika Anda dinyatakan lolos dalam seleksi administratif dan melanjutkan proses selanjutnya.


Pihak perusahaan tentu akan mudah menghubungi Anda jika Anda menuliskan nomer atau alamat email aktif. Karena jika Anda tidak menuliskan hal tersebut, maka bisa dipastikan Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerja sesuai yang Anda inginkan.


3. Tuliskan tentang deskripsi diri Anda

Yang dimaksud dengan deskripsi diri disini adalah usia, kondisi kesehatan, dan hobby. Pasalnya, seorang praktisi HR atau recruiter juga akan melihat tentang deskripsi diri Anda, apakah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak. Karena usia dan kesehatan ini menjadi salah satu kualifikasi umum dalam rekruitmen.


4. Tuliskan jenjang pendidikan

Pasalnya, background atau latar belakang pendidikan menjadi titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada HRD atau recruiter tentang nilai akademik kita. Jadi dalam membuat cv yang baik dan benar, sebaiknya tuliskan jejang pendidikan secara lengkap.


5. Tuliskan pengalaman kerja atau keahlian

Hal terakhir yang harus Anda tuliskan dalam membuat CV adalah pengalaman dan keahlian yang Anda miliki. Pengalaman kerja dan keahlian menjadi nilai plus untuk lolos dalam seleksi kerja. Pasalnya, perusahaan akan mempertimbagkan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan kandidat memiliki pengalaman kerja dan keahlian tertentu dan proses rekrutmennya.

[Baca Juga: Syarat-syarat Melamar Kerja]

Nah itulah beberapa cara dalam membuat CV lamaran kerja agar bisa lolos seleksi kerja. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya mereka yang saat ini sedang bingung bagaimana cara yang benar dalam penulisan CV untuk melamar pekerjaan yang diinginkan.


Jangan lupa share artikel di atas agar orang juga bisa merasakan manfaatnya. Jika ada tambahan untuk melengkapi isi artikel di atas atau beberapa pertanyaan, bisa tuliskan di kolom comment di bawah.

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik Agar Bisa Lolos Seleksi Kerja"

Berlangganan via Email