Ketahui Cara Ini, Agar Bisa Lolos Seleksi Administrasi

Buat Info - Cara Agar Lolos Seleksi Administrasi


BuatInfo.com - Tahapan awal dalam sebuah proses seleksi adalah seleksi administrasi. Dalam tahapan ini, recruiter akan memeriksa kelengkapan berkas sebagai syarat-syarat dalam melamar pekerjaan. Jika didapati berkas kurang lengkap, maka sudah dapat dipastikan lamaran tidak akan lolos di tahapan awal tersebut.


Lantas apa saja yang harus dilengkapi agar bisa lolos dalam seleksi administrasi? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, buatinfo.com akan berbagi informasi tentang cara-cara agar bisa lolos dalam proses seleksi, khususnya seleksi administrasi.

[Baca Juga: Jenis-jenis Seleksi Karyawan]

Beberapa Cara Agar Lolos Seleksi Administrasi

Untuk lolos dalam seleksi administrasi tentunya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, khususnya kelengkapan syarat-syarat yang harus dilengkapi pada saat melamar pekerjaan. Selain kelengkapan syarat tersebut, ada juga beberapa cara yang perlu kita perhatikan pada saat melamar pekerjaan, yaitu sebagai berikut:

1. Membaca semua persyaratan dengan teliti

Sebelumnya kita berinisiatif untuk mengirimkan lamaran, ada baiknya jika terlebih dahulu membaca seluruh persyaratan yang harus dipenuhi dengan teliti. Hal itu untuk menghindari penilaian awal dari recruiter tentang diri kita. Pasalnya, jika persyaratan yang dibutuhkan kurang lengkap, maka kecenderungannya recruiter akan menilai bahwa kita kurang memiliki etos kerja yang baik karena kurangnya ketelitian kita.


2. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan

Cara kedua setelah kita mebaca dengan teliti perihal persyaratan yang harus dipenuhi. Maka selanjutnya adalah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dimaksud berupa surat lamaran, CV, Foto, Foto Copy KTP, NPWP, ijazah terakhir, SKCK, dan Sertifikat keahlian jika ada.


Dokumen-dokumen seperti yang tersebut di atas merupakan persyaratan umum dari proses seleksi karyawan. Jadi sekali lagi perhatikan secara teliti kelengkapan syarat yang harus dipenuhi karena setiap perusahaan memiliki kualifikasi tertentu dalam proses rekruitmen.


3. Scan dokumen dengan alat scan yang kualitasnya baik

Nah untuk menghindari rusaknya hasil scan, sebaiknya pilih alat scan yang memiliki kualitas baik. Sehingga semua dokumen yang dibutuhkan bisa dibaca dengan jelas oleh recruiter. Sebagian recruiter kurang begitu tertarik untu membaca dokumen yang kualitasnya kurang baik. Sehingga kemungkinan tidak lolosnya dalam tahapan seleksi administrasi cukup tinggi jika dokumen yang kita kirimkan tidak jelas atau bahkan tidak bisa dibaca.


4. Kompres seluruh dokumen maksimal 500kb

Mengkompres keseluruhan dokumen yang sudah disipakan merupakan salah satu upaya agar tidak mengalami kegagalan pada saat ingin mengirimkan dokumen tersebut. Jadi penting bagi kita untuk mengkompres dokumen maksimal 500kb sebelumnya mengirimnya.


5. Ijazah/Akreditasi dilegalisir

Nah yang satu ini juga sangat penting. Legalisir dibutuhkan untuk menerangkan bahwa dokumen yang kita kirimkan legalitasnya jelas. Beberapa perusahaan yang notabene perusahaan yang cukup besar biasanya juga tegas terhadap legalitas dokumen yang dikirimkan oleh pelamar. Jadi jika kita ingin lolos dalam seleksi administrasi, sebaiknya legalisir terlebih dahulu ijazah/akreditasinya.


6. Memastikan pas foto diambil dengan kualitas bagus

Nah cara yang terakhir ini mungkin terlihat sepele. Namun hal ini juga bisa menentukan lolos tidaknya kita dalam proses seleksi karyawan. Jadi pada saat ingin melamar pekerjaan, pas foto yang dikirimkan adalah foto dengan kulaitas bagus. Adapun kriteria pas foto yang bagus adalah sebagai berikut:

- Pakaian yang dikenakan harus terkesan professional

- Boleh menggunakan asal tidak terlalu tebal

- Rambut tidak diwarnai kecuali warna alami

- Hasil foto harus memperlihatkan telinga

- Gunakan background dengan satu warna

- Pastikan foto adalah foto terbaru


Nah itulah informasi tentang bagaimana cara agar lolos dalam proses seleksi administrasi. Jika kita mengetahui caranya, maka bukan tidak mungkin bagi kita untuk bisa lolos dala tahapan awal proses seleksi karyawan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, dan bagi yang saat ini sedang ingin mengirimkan lamaran pekerjaan lakukan cara di atas agar Anda bisa lolos dalam seleksi administrasi.


Jangan lupa share informasi ini agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain. Dan jika ada tambahan informasi terkait cara-cara di atas, bisa tambahkan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih, selamat mencoba dan sukses selalu.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Ini, Agar Bisa Lolos Seleksi Administrasi"

Berlangganan via Email