Yuk Kupas Tuntas Mengenai Kepanjangan HRD dan Pengembangannya

Kepanjangan HRD


Kepanjangan HRD dan Pengembangannya - mari kita simak artikel berikut ini. HRD merupakan kepanjangan dari Human Resource Development, yaitu devisi yang mengatur sumber daya manusia atau yang disebut juga dengan SDM dalam perusahaan atau organisasi. Nah, tugas dan fungsi HRD ini pastinya berkaitan dengan karyawan di sebuah perusahaan, baik itu mengenai kinerja maupun kesejahteraannya.


Human Resource Development (HRD), merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah organisasi. Namun, masih banyak orang yang tidak benar-benar tahu apa itu Kepanjangan HRD perusahaan, dan mengapa HRD menjadi elemen penting bagi organisasi, sector, dan ukuran apa pun dalam dunia kerja.


Apa itu Kepanjangan HRD ?

Kita berbicara tentang Human Resource Development, sering diterjemahkan dengan ekspresi berbahasa Inggris HRD. Apa kepanjangan HRD ini, dan apa fungsinya di perusahaan? Mari kita cari tahu lebih banyak tentang arti istilah serta fungsi dari HRD itu sendiri.


Human Resource Development (HRD) pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. HRD didefinisikan sebagai "seperangkat pengalaman belajar yang dirancang dan diatur pada waktu tertentu untuk menentukan kemungkinan perubahan perilaku staf." 


Dari dulu hingga saat ini, HRD telah menempuh perjalanan yang cukup panjang dan telah berkontribusi penuh bagi dunia kerja. Setelah mengidentifikasi area untuk perbaikan, program pengembangan telah membantu banyak orang untuk mencapai tujuan karir jangka pendek dan jangka panjang, perencanaan suksesi yang menyertai, hingga menerapkan program pengembangan kepemimpinan.

[Baca Juga: HRD Perlu Memahami Matematika dan Statistika]

Setelah 50 tahun perjalanannya, HRD telah berkembang pesat. Berawal dari arti pertama perolehan atau penyempurnaan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi yang terkait dengan peran saat ini, masa depan atau yang akan datang, ia juga telah merangkul makna pengembangan yang melibatkan keterampilan transversal individu dan bertujuan untuk menemukan potensi atau bakat.


Dalam beberapa tahun terakhir, program HRD telah menjadi alat istimewa untuk mengubah budaya organisasi dimana hubungan antara manajer, kolaborator dan rekan kerja, kerja tim dan kolaborasi dimaksudkan sebagai faktor penentu untuk kesejahteraan organisasi, motivasi dan rasa memiliki orang-orang terhadap perusahaan.


Mereka yang terlibat dalam jalur pengembangan HRD merancang kursus pelatihan yang diartikulasikan sebagai upaya beradaptasi dengan komunitas profesional tertentu, menerapkan sistem pendukung dan mengevaluasi tidak hanya keefektifannya, tetapi juga dampak dari solusi yang diadopsi terhadap organisasi itu sendiri.


Sederhananya, Human Resource Development (HRD) adalah kelompok orang atau devisi yang bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup karyawan. (yaitu merekrut, mempekerjakan, orientasi, pelatihan, dan melakukan pemutusan hubungan kerja karyawan) dan mengelola manfaat karyawan. 


Tujuan praktik HRD dalam suatu organisasi adalah untuk berusaha mengembangkan / mewujudkan potensi penuh semua level, mulai dari staf sampai dengan manajemen. Mereka juga membantu memelihara lingkungan yang kondusif untuk berpartisipasi penuh, kepemimpinan yang berkualitas, dan pertumbuhan pribadi dan organisasi yang baik.


Apa yang Anda Ketahui Mengenai Pengembangan HRD itu Sendiri?

Pengembangan HRD mengacu pada bidang yang luas dari pelatihan dan pengembangan yang disediakan oleh organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pendidikan, dan kemampuan karyawan mereka. Di banyak organisasi, proses pengembangan HRD dimulai pada saat perekrutan karyawan baru dan berlanjut selama masa kerja karyawan tersebut dengan organisasi.


Banyak karyawan yang datang ke organisasi hanya dengan tingkat keterampilan dan pengalaman dasar dan harus menerima pelatihan agar dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Orang lain mungkin sudah memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi tidak memiliki pengetahuan yang terkait dengan organisasi tertentu. 


Pengembangan SDM dirancang untuk memberi karyawan informasi yang mereka butuhkan. agar lebih mudah dalam melakukan adaptasi dengan budaya organisasi dan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.


Nah itulah informasi tentang kepanjangan HRD dan pengembangannya. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat seperti menambah wawasan kita tentang dunia kerja, khususnya mengenai Human resource Development (HRD). Jangan lupa share artikel ini agar orang juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Yuk Kupas Tuntas Mengenai Kepanjangan HRD dan Pengembangannya"